Salin Artikel

KTT ASEAN Bakal Ganggu Aktivitas Masyarakat NTT, Kapolri Minta Maaf

Namun, Sigit tetap meminta kepada masyarakat untuk mendukung penyelenggaraan KTT ASEAN 2023.

Sebab, kata dia, penyelenggaraan KTT ASEAN bisa menimbulkan multiplier effect untuk pertumbuhan ekonomi.

Dengan rangkaian penyelenggaraan KTT ASEAN, masyarakat dan pelaku usaha di Labuan Bajo bisa mendapatkan manfaat.

Dari sisi akomodasi saja, Sigit mendapat laporan bahwa hampir seluruh hotel sudah terisi. Bahkan, rumah penduduk banyak disewakan.

"Dengan seluruh rangkaian ini, masyarakat bisa merasakan manfaatnya. Kita lihat dan tanyakan hampir seluruh hotel penuh, katering rata-rata pesanan lumayan. Rumah penduduk banyak disewa," tuturnya.

Terkait dengan pengamanan jalur, Sigit mengimbau agar masyarakat menggunakan jalur rekayasa yang telah disiapkan jajarannya di lapangan ketika ada kepala negara atau delegasi yang melintas.

Sigit pun membeberkan pola pengamanan KTT ASEAN, baik saat side event maupun main event.

Pengamanan akan dilaksanakan bersama-sama dan sudah dibagi dengan TNI dan Paspampres.

"Kemarin, kami mengecek command center yang diharapkan betul-betul menjadi tempat yang melaksanakan kendali operasi dimana fasilitas semuanya ada di situ, fitur-fitur ada di situ sehingga seluruh CCTV, penempatan personel di seluruh tempat bisa termonitor," jelas Sigit.

"Demikian juga terkait dengan fitur-fitur yang kita connect untuk mendeteksi masyarakat yang datang, khususnya yang bertugas di venue-venue, akomodasi, untuk memastikan bahwa seluruhnya steril dan rangkaian kegiatan itu telah dilaksanakan," sambungnya.

Pelaksanaan TFG ini juga dilakukan guna memberikan pelatihan kepada anggota yang bertugas apabila nantinya menghadapi peristiwa-peristiwa yang terkait dengan pengamanan jalur, unjuk rasa dan ancaman lainnya.

"Kita ingin rangkaian pengamanan ASEAN Summitt ini bisa berjalan baik seperti pengamanan KTT G20. Kita harapkan kegiatan ASEAN Summit menghasilkan keputusan-keputusan besar yang akan menjadi komitmen bersama dan tentunya menjadi hal yang mengharumkan Indonesia," imbuh Sigit.

https://nasional.kompas.com/read/2023/05/05/21575231/ktt-asean-bakal-ganggu-aktivitas-masyarakat-ntt-kapolri-minta-maaf

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke