Salin Artikel

Bidik Tokoh Luar Koalisi Jadi Cawapres Anies, PKS Dinilai Ingin Imbangi AHY

JAKARTA, KOMPAS.com - Sikap Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendekati sejumlah tokoh bangsa buat menjaring bakal calon wakil presiden bagi Anies Baswedan dinilai sebagai upaya buat mengimbangi sosok Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), di dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Menurut peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro, PKS dan Partai Nasdem mencari sosok lain di luar koalisi sebagai bakal cawapres Anies guna mengimbangi kehendak Partai Demokrat yang menyodorkan AHY.

"Kemunculan nama-nama tokoh dari luar partai-partai politik dari Koalisi Perubahan sebagai bakal calon wakil presiden bagi pendamping Anies Baswedan bisa terjadi karena ada perbedaan pemahaman antara Partai Demokrat di satu pihak, dan Partai NasDem serta PKS di pihak lain terhadap kriteria calon wakil presiden harus mampu menjaga soliditas dari Koalisi Perubahan," kata Bawono dalam keterangannya yang diterima pada Kamis (20/4/2023).

Tokoh-tokoh yang didekati oleh PKS buat menjadi bakal cawapres Anies adalah Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

PKS juga mewacanakan menduetkan Anies dengan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno.

Sedangkan Partai Nasdem menyodorkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai sosok bakal cawapres Anies.

Bawono menyampaikan, di mata Partai Demokrat sosok bakal calon wakil presiden untuk Anies harus bisa menjaga bagi soliditas koalisi. Maka dari itu, lanjut dia, Demokrat beranggapan bakal cawapres Anies harus berasal dari partai-partai politik koalisi.

Sementara itu Bawono menilai anggapan Partai Demokrat tidak sama dengan pandangan Nasdem dan PKS, yang justru menginginkan supaya bakal cawapres Anies adalah tokoh dari luar koalisi supaya menjaga soliditas koalisi.

"Karena apabila berasal dari salah satu partai politik koalisi maka dikahwatirkan dia akan bersikap cenderung kepada partai politik dia berasal. Soliditas koalisi pun akan rentan," ujar Bawono.

"Dalam konteks itu Partai NasDem dan PKS memunculkan sejumlah nama di luar partai-partai politik koalisi perubahan seperti Khofifah Indar Parawansa, Mahfud MD, dan Sandiaga Uno," sambung Bawono.

Koalisi Perubahan saat ini berisi 3 partai yakni PKS, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat.

Ketiganya sepakat mengusung Anies sebagai bakal capres 2024. Mereka juga membentuk tim khusus buat membantu Anies mencari bakal cawapres yang ideal.

Sebelumnya diberitakan, Presiden PKS Ahmad Syaikhu membenarkan tengah rajin berkeliling menemui para tokoh bangsa dengan agenda mencari sosok yang tepat buat mendampingi Anies.

"Saya khususnya hari-hari ini banyak silaturahmi dengan tokoh-tokoh bangsa dalam rangka mencari siapa pasangan Pak Anies Rasyid Baswedan. Saya saat ini fokusnya mencari cawapres," ujar Syaikhu saat ditemui di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Selasa (18/4/2023).

Secara terpisah, Mahfud membenarkan dia bertemu dengan Presiden PKS Ahmad Syaikhu pada Sabtu (15/4/2023) lalu. Akan tetapi, dia tidak memaparkan di mana lokasi pertemuan itu.

“Kami berdiskusi tentang masa depan Indonesia. Saya dihadiahi buku yang dibuat oleh PKS berjudul Merawat Indonesia,” kata Mahfud dalam keterangannya, Selasa (18/4/2023) petang.

Mahfud juga membenarkan bahwa ada pembicaraan mengenai skema calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Terkait permintaan menjadi cawapres Anies, Mahfud menyatakan bahwa ia masih fokus mengawal pemilu agar berlangsung sesuai jadwal.

“Saya tak menjawab ya atau tidak,” kata Mahfud.

“Sebab, fokus saya adalah mengawal pemilu agar berlangsung sesuai kalender,” ujarnya lagi.

Mahfud justru menyampaikan kepada Syaikhu sebaiknya mencari kandidat cawapres dari internal partai pendukung koalisi.

"Supaya tiket yang sudah di tangan tidak hilang. Jangan sampai mengajak cawapres dari luar parpol, tapi koalisinya malah pecah,” ucap Mahfud.

Di sisi lain, Sandiaga yang pernah mendampingi Anies sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta juga diisukan bakal hengkang dari Gerindra.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat PKS Mardani Ali Sera mengatakan, PKS terus membuka diri dengan semua pihak dan menjaga kedekatan dengan Sandi.

Alasannya, agar Anies bisa mendapatkan cawapres yang mumpuni untuk membantu kemenangan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Bang Sandi dekat dengan PKS. PKS juga terus membuka komunikasi dengan semua pihak. Khususnya agar terwujud pasangan yang ideal bagi Mas Anies Baswedan,” ujar Mardani pada Kompas.com, Senin (10/4/2023).

Mardani mengungkapkan, saat ini proses pencarian cawapres masih dinamis.

PKS juga menyodorkan salah satu kadernya, Ahmad Heryawan (Aher), sebagai bakal cawapres Anies.

https://nasional.kompas.com/read/2023/04/20/15530881/bidik-tokoh-luar-koalisi-jadi-cawapres-anies-pks-dinilai-ingin-imbangi-ahy

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke