Salin Artikel

Sumpah Pemuda dan Tanggung Jawab Pemuda Masa Kini

SUMPAH pemuda yang belum lama ini dirayakan semestinya tidak berlalu layaknya perayaan-perayaan sebelumnya, berlalu begitu saja dan terlupakan sehari setelahnya.

Para pemuda, melalui berbagai macam institusi ekonomi politik kepemudaan yang digelutinya, perlu lebih menegaskan diri lagi soal perannya dalam pembangunan ekonomi nasional, perkembangan pergerakan politik domestik maupun percaturan global. Pun, di dalam peningkatan ketahanan nasional dalam segala bidang.

Dengan lain perkataan, sumpah historis atas nama bangsa yang satu, tanah air yang satu, dan bahasa yang satu, perlu diinterpretasikan lebih fungsional dan strategis lagi oleh para generasi muda dan anak milenial.

Perlu dipikirkan secara sistematis dan strategis bagaimana bangsa, tanah air, dan bahasa yang satu itu menjadi bungkus berharga dari setiap kemajuan dan perkembangan yang akan ditorehkan Indonesia ke depan, utamanya agar tidak dikoyak-koyak oleh globalisasi dan oleh pelukan "soft power" negara lain. 

Tapi di sisi lain, bangsa, tanah air, dan bahasa yang satu itu pun, bisa menjadi kian dikenal, dihormati, dan disegani oleh dunia karena kualitas pertumbuhan ekonominya, karena kesejahteraan rakyatnya, karena inovasi-inovasi anak mudanya, karena perkembangan demokrasinya yang menginspirasi dunia, dan karena kegigihan anak mudanya dalam membawa bangsanya ke level yang lebih terhormat.

Penguatan ekonomi nasional

Ribuan startup dan beberapa di antaranya yang telah berkategori unicorn hanyalah salah satu bentuknya. Tapi perkembangannya sampai hari ini masih belum sinkron dengan penguatan kapasitas ekonomi nasional.

Tak dipungkiri, sebagian ecommerce justru menjadi corong produk-produk impor yang memola (mengarahkan) perilaku berbelanja publik menjadi semakin kurang nasionalistik.

Situasi seperti ini perlu diperbaiki. Platform-platform belanja online besutan anak muda Indonesa perlu lebih akomodatif lagi dalam mengedukasi, mengagregasi, dan menggandeng UMKM-UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) domestik untuk terlibat lebih aktif menyaingi produk-produk manufaktur impor, agar kontribusi UMKM kian membesar terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) nasional.

Begitu pula dengan platform digital lainnya, seperti bidang transportasi. Platform trasportasi online perlu memperbesar peran dalam peningkatan kuantitas dan kualitas bisnis UMKM domestik, bukan hanya mentransformasi ojek dan supir taksi konvensional menjadi ojek dan supir taksi online.

Sangat disayangkan jika perannya hanya sebatas itu, karena secara kategorial dan kualitas, platform transportasi online selama ini justru tidak terlibat dalam memperbaiki status kepekerjaan tenaga kerja mereka di satu sisi dan porsinya dalam keterlibatan perbaikan produk-produk UMKM masih terbilang kecil.

Dengan kata lain, perlu peningkatan status agar para pekerja transportasi online kita ikut menikmati berbagai layanan publik sebagaimana yang dinikmati karyawan lainnya.

Lebih dari itu, para anak muda yang ikut menggairahkan dunia digital nasional perlu lebih aktif dalam memberikan arti pada perekonomian nasional dengan berbagai terobosan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas nasional di segala sektor, mulai dari pertanian, kelautan, perikanan, industri dan UMKM, serta sektor pelayanan publik dan pencegahan korupsi.

Tak lupa pula peran dalam mendorong ekonomi hijau dan pelestarian lingkungan dengan berbagai kreasi digital dan disrupsi teknologi yang akan meningkatkan daya tahan ekonomi nasional dari ancaman pemanasan global dan perubahan iklim

Pemuda dan politik

Sementara itu dari sisi politik, pemuda dan anak muda Indonesia nampaknya mulai pelan-pelan amnesia dengan keberadaan para oligarki yang berpotensi mengancam demokrasi nasional.

Bahkan cilaka-nya, tak sedikit dari anak muda dan pelaku sektor digital yang menjadi pendukung penguasa justru sama sekali tak bersuara dan tidak mengambil peran dalam perbaikan kualitas demokrasi nasional.

Di sisi lain, institusi politik anak muda ataupun komunitas-komunitas kreatif anak muda justru sudah mulai kehilangan peran sejarahnya sebagai agent of change. Banyak di antaranya justru berada di bawah kendali partai-partai yang telah terlebih dahulu dijinakkan oleh para oligarki.

Dan saat mereka menjadi politisi muda, mereka mau tak mau mendadak menjadi penguat pondasi oligarki politik yang sudah kadung terbentuk yang justru ikut menjauhkan proses pengambilan keputusan nasional semakin menjauh dari kepentingan publik

Untuk itu, momen sumpah pemuda yang baru saja kita peringati sangat perlu direnungkan secara analitis dan kritis oleh para pemuda, terkait perannya dalam penguatan demokrasi nasional dan peningkatan komitmen pada hak-hak sipil warga negara Indonesia.

Institusi politik pemuda perlu menunjukkan democratic roles model yang akan diikuti oleh adik-adik mereka di dunia kemahasiswaan dan aktivis-aktivfis pergerakan mahasiswa.

Bukan justru sebaliknya, mahasiswa mengajarkan para seniornya di berbagai organisasi kepemudaan dan komunitas anak muda, termasuk politisi-politisi muda, tentang bagaimana berperan secara fungsional di dalam perbaikan kualitas demokrasi Indonesia.

Pendeknya, di satu sisi, para generasi muda secara ekonomi harus menjadi bagian dari mesin perekonomian nasional yang ikut meningkatkan daya saing dan produktivitas nasional dan menjadi generasi dengan kapasitas diri yang "layak saing" di pentas nasional dan global di sisi yang lain.

Lebih dari itu, secara politik, generasi muda harus mengedepankan lagi peran dan komitmennya dalam menjaga dan menegakkan tatanan politik dan pemerintahan yang lebih demokratis, lebih bersih, dan lebih responsif terhadap kepentingan publik.

Tak lupa juga, generasi muda harus menjadi aktor utama dalam mendorong ekonomi hijau dan pelestarian lingkungan, berani bersuara dan bergerak melawan para pihak yang melakukan aktivitas bisnis dengan cara merusak lingkungan dan alam.

Jika berani mengambil semua peran ini, pemuda dan generasi muda barulah boleh berbangga diri.

Karena jika hanya menjadi bagian dari rezim yang kerap menciptakan kerusakan politik, kerusakan ekonomi, dan kehancuran lingkungan, maka Sumpah Pemuda ke depan tak perlu lagi diperingati, karena tak ada lagi resonansinya terhadap pemuda dan anak muda.

Semoga tidak demikian adanya.

https://nasional.kompas.com/read/2021/11/01/11133451/sumpah-pemuda-dan-tanggung-jawab-pemuda-masa-kini

Terkini Lainnya

Anggap 'Presidential Club' Prabowo Positif, Jusuf Kalla: di Seluruh Dunia Ada

Anggap "Presidential Club" Prabowo Positif, Jusuf Kalla: di Seluruh Dunia Ada

Nasional
Dituntut 1 Tahun Penjara Kasus Pencemaran Nama Ahmad Sahroni, Adam Deni Ajukan Keberatan

Dituntut 1 Tahun Penjara Kasus Pencemaran Nama Ahmad Sahroni, Adam Deni Ajukan Keberatan

Nasional
Anies Mengaku Belum Bicara Lebih Lanjut Terkait Pilkada DKI Jakarta dengan Surya Paloh

Anies Mengaku Belum Bicara Lebih Lanjut Terkait Pilkada DKI Jakarta dengan Surya Paloh

Nasional
KPK Tahan Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor

KPK Tahan Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor

Nasional
Prabowo Tak Perlu Paksakan Semua Presiden Terlibat 'Presidential Club'

Prabowo Tak Perlu Paksakan Semua Presiden Terlibat "Presidential Club"

Nasional
'Presidential Club' Prabowo Diprediksi Jadi Ajang Dialog dan Nostalgia

"Presidential Club" Prabowo Diprediksi Jadi Ajang Dialog dan Nostalgia

Nasional
Gus Muhdlor Kenakan Rompi Oranye 'Tahanan KPK' Usai Diperiksa 7 Jam, Tangan Diborgol

Gus Muhdlor Kenakan Rompi Oranye "Tahanan KPK" Usai Diperiksa 7 Jam, Tangan Diborgol

Nasional
Adam Deni Hanya Dituntut 1 Tahun Penjara, Jaksa: Sudah Bermaafan dengan Sahroni

Adam Deni Hanya Dituntut 1 Tahun Penjara, Jaksa: Sudah Bermaafan dengan Sahroni

Nasional
Ide 'Presidential Club' Prabowo Diprediksi Bakal Bersifat Informal

Ide "Presidential Club" Prabowo Diprediksi Bakal Bersifat Informal

Nasional
Prabowo Mau Bentuk 'Presidential Club', Ma'ruf Amin: Perlu Upaya Lebih Keras

Prabowo Mau Bentuk "Presidential Club", Ma'ruf Amin: Perlu Upaya Lebih Keras

Nasional
Adam Deni Dituntut 1 Tahun Penjara dalam Kasus Dugaan Pencemaran Nama Baik Ahmad Sahroni

Adam Deni Dituntut 1 Tahun Penjara dalam Kasus Dugaan Pencemaran Nama Baik Ahmad Sahroni

Nasional
Polri Ungkap Peran 2 WN Nigeria dalam Kasus Penipuan Berkedok 'E-mail' Bisnis

Polri Ungkap Peran 2 WN Nigeria dalam Kasus Penipuan Berkedok "E-mail" Bisnis

Nasional
Hakim MK Pertanyakan KTA Kuasa Hukum Demokrat yang Kedaluwarsa

Hakim MK Pertanyakan KTA Kuasa Hukum Demokrat yang Kedaluwarsa

Nasional
Di Hadapan Wapres, Ketum MUI: Kalau Masih Ada Korupsi, Kesejahteraan Rakyat 'Nyantol'

Di Hadapan Wapres, Ketum MUI: Kalau Masih Ada Korupsi, Kesejahteraan Rakyat "Nyantol"

Nasional
Polri Tangkap 5 Tersangka Penipuan Berkedok 'E-mail' Palsu, 2 di Antaranya WN Nigeria

Polri Tangkap 5 Tersangka Penipuan Berkedok "E-mail" Palsu, 2 di Antaranya WN Nigeria

Nasional
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke