Salin Artikel

Tahun Depan, Nasdem Akan Gelar Konvensi Calon Presiden 2024

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Nasdem akan menyelenggarakan konvensi calon presiden 2024 mulai tahun depan.

Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate mengatakan, konvensi capres akan mengedepankan prinsip transparansi dan pendekatan bottom-up yang diharapkan berefek pada penguatan kelembagaan partai.

"Melalui konvensi capres, Partai Nasdem menegaskan diri sebagai partai inklusif yang membuka ruang menerima pemikiran dan pandangan politik dari berbagai kalangan masyarakat," ujar Johnny dalam konferensi pers, Kamis (25/2/2021).

Dalam penyelenggaraan konvensi capres, Nasdem akan membangun kerja sama dengan partai yang memiliki kesamaan platform, visi, dan misi.

Nasdem, kata Johnny, akan membentuk koalisi agar jumlah suara yang dimiliki koalisi mencapai ambang batas presiden sebesar 20 persen.

"Dengan tujuan agar konvensi capres menghasilkan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang memiliki atau mendapat tiket untuk ikut dalam Pemilihan Presiden 2024," ucap Johnny.

Johnny menyebut, komunikasi politik untuk mempersiapkan agenda konvensi capres tersebut akan segera dimulai.

"Kami sedang menyusun, kami harus menyelesaikan dulu membangun koalisinya, memastikan seluruh kriteria tata cara, prosedur, dan membuat analisis," kata dia.

Konvensi calon presiden 2024 sebelumnya diungkapkan oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dalam pidatonya pada HUT ke-9 Partai Nasdem, Rabu (11/11/2020).

Paloh menjelaskan, konvensi capres digelar untuk memberi kesempatan bagi anak bangsa di luar partai politik yang memiliki kapasitas dan kualitas untuk memimpin.

https://nasional.kompas.com/read/2021/02/25/18231861/tahun-depan-nasdem-akan-gelar-konvensi-calon-presiden-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke