Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekjen PDI-P: Bung Karno Tidak Hanya Milik Rakyat Indonesia, tapi Bangsa Dunia

Kompas.com - 13/05/2024, 16:13 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ihsanuddin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan, Presiden Pertama RI Soekarno atau Bung Karno tidak hanya milik rakyat Indonesia.

Namun, Bung Karno juga dianggap milik seluruh warga bangsa di dunia.

Hal ini disampaikan Hasto menanggapi ucapan presiden terpilih Prabowo Subianto bahwa Bung Karno adalah milik rakyat Indonesia, bukan satu partai politik.

"Terkait dengan Bung Karno, apa yang disampaikan oleh Pak Prabowo memang Bung Karno tidak hanya milik rakyat Indonesia, tapi milik warga bangsa juga," kata Hasto ditemui di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Senin (13/5/2024).

Baca juga: Prabowo: Bung Karno Milik Seluruh Rakyat, Ada yang Ngaku-ngaku Seolah Milik Satu Partai

Hasto menjelaskan mengapa menganggap Bung Karno milik warga bangsa dunia.

Sebab, Bung Karno memiliki cita-cita merombak sistem internasional yang dinilai anarkis.

Bung Karno, jelas Hasto, ingin mengedepankan sistem internasional yang setara antar warga bangsa dengan menentang berbagai bentuk penindasan dalam seluruh aspek kehidupan serta mengedepankan kemanusiaan.

Dalam hal ini, menurut Hasto, Bung Karno menyodorkan Pancasila sebagai sistem internasional yang dimaksud.

"Keadilan bahkan Bung Karno mengusulkan Pancasila menjadi piagam dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk membangun suatu tata dunia yang baru," ungkapnya.

Baca juga: Tanggapi Prabowo, PDI-P: Partai Lain Boleh Kok Pasang Gambar Bung Karno

Di lain sisi, Hasto menyatakan bahwa kesejarahan PDI-P dan Bung Karno amat kuat.

Sebab dirinya mengeklaim akar perjuangan dari PDI-P adalah Partai Nasional Indonesia (PNI), partai yang didirikan oleh Bung Karno.

"PDI Perjuangan secara konsisten menjabarkan ide gagasan pemikiran cita-cita Bung Karno dalam seluruh napas kehidupan partai dan kehidupan berbangsa dan bernegara," tutur Hasto.

"Sehingga karena emosional bonding itulah PDI Perjuangan yang paling konsisten di dalam menjabarkan seluruh pemikiran Bung Karno itu, khususnya terkait dengan ideologi Pancasila, spirit mewujudkan Trisakti," tambahnya.

Baca juga: Prabowo Bilang Ada Partai Klaim Sosok Bung Karno, Budiman Sudjatmiko: Bukan Diskreditkan PDI-P

Diberitakan sebelumnya, Prabowo menyentil partai yang selalu mengklaim bahwa Bung Karno merupakan milik mereka. Prabowo membantah klaim partai tersebut. Menurutnya, Soekarno milik seluruh rakyat Indonesia.

Hal tersebut Prabowo sampaikan dalam acara bimtek dan rakornas pilkada PAN di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2024) malam.

"Walaupun ada yang ngaku-ngaku kan selalu bahwa seolah Bung Karno milik satu partai, tidak. Bung Karno milik seluruh rakyat Indonesia," ujar Prabowo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com