Setahun Pemerintahan, Jokowi-JK Dianggap Terjebak Janji Kampanye - Kompas.com

Setahun Pemerintahan, Jokowi-JK Dianggap Terjebak Janji Kampanye

Indra Akuntono
Kompas.com - 17/10/2015, 09:37 WIB
KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Presiden Joko Widodo menjawab sejumlah pertanyaan wartawan istana kepresidenan dalam acara berbuka bersama di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/7/2015). Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah menteri Kabinet Kerja dan diisi dengan shalat berjamaah dengan wartawan.

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekretaris Fraksi Partai Golkar di DPR RI, Bambang Soesatyo, mempertanyakan realisasi Nawacita selama satu tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Bambang menilai, pemerintah belum berhasil mewujudkan janji kampanyenya.

"Saat ini Jokowi sedang terjebak pada janji-janji kampanyenya," kata Bambang dalam diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (17/10/2015).

Anggota Komisi III DPR RI itu mengatakan, kinerja satu tahun pemerintahan Jokowi-JK di bidang ekonomi masih jauh dari harapan.

Indikatornya adalah lonjakan harga beras pada medio Februari-Maret 2015, kelangkaan daging sapi, buruknya serapan anggaran, dan terpuruknya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

Di bidang hukum, kata Bambang, dirinya memberikan perhatian pada masih buruknya reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas dari korupsi, bermartabat, dan dipercaya publik.

Ia bahkan menyoroti posisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mendapat gangguan pada era pemerintahan Jokowi-JK.

"Di bidang ketatanegaraan, Presiden dan Wapres tampak keteteran. Presiden seolah tidak mampu mengendalikan sepak terjang pimpinan beberapa institusi negara," ujarnya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisIndra Akuntono
EditorSandro Gatra
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM