Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Adityawarman "Berdandan" dengan Studio 3 Dimensi

Kompas.com - 23/08/2012, 18:37 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Pengelola Museum Adityawarman Padang menargetkan 100 ribu pengunjung sepanjang tahun 2012. Untuk mewujudkan hal itu, Kepala Museum Adityawarman, Muasri mengatakan, pihak museum melakukan revitalisasi dan menambah beberapa fasilitas baru untuk menambah kenyamanan pengunjung.

Muasri mengatakan, fasilitas terbaru museum saat ini adalah studio tiga dimensi guna memamerkan koleksi yang dimiliki secara audio visual kepada pengunjung. Studio mini tiga dimensi tersebut merupakan yang pertama di Indonesia dan setiap pengunjung akan dapat menyaksikan koleksi yang dimiliki melalui layar yang disediakan serta memperoleh penjelasan yang lebih detil.

Jika selama ini masyarakat yang berkunjung hanya menyaksikan langsung koleksi dan benda-benda serta penjelasan yang sifatnya tertulis, maka pengunjung bisa mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap melalui studio mini tersebut.

Muasri mencontohkan, ketika pengunjung hendak melihat koleksi pakaian adat Minangkabau, di studio tersebut, pengunjung akan memperoleh penjelasan mengenai latar belakang dan sejarah serta gambaran audio visual.

"Dengan demikian pemahaman pengunjung terhadap benda-benda serta koleksi yang dimiliki akan lebih utuh serta lebih mudah dipahami," katanya di Padang, Kamis (23/8/2012).

Pengunjung juga bisa mengakses internet melalui fasilitas wifi sambil bersantai dengan fasilitas tempat duduk dan ketersediaan arus listrik. Tidak hanya itu, museum juga merencanakan aktraksi budaya untuk menarik minat masyarakat berkunjung ke museum.

Dengan semakin lengkapnya sarana dan fasilitas penunjang, Muasri berharap jumlah pengunjung akan meningkat dan program gerakan cinta museum bisa berjalan lancar.

Museum Adityawarman juga menggandeng Dinas Pendidikan Kota Padang untuk melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah agar mau melakukan kunjungan rutin ke museum sebagai salah satu proses pembelajaran. Hingga Juli 2012, pihak museum mencatat jumlah pengunjung mencapai 45.000 orang. Setelah ini, Muasri optimistis jumlah pengunjung mencapai 100 ribu orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com