Kamis, 27 November 2014

News / Nasional

Empat Hal Soal Kepemimpinan Versi Wiranto

Rabu, 18 Juli 2012 | 02:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Wiranto merumuskan apa itu pemimpin menurutnya. Setidaknya ada empat hal yang terpenting yang harus dimiliki seorang pemimpin.

Pertama, seorang pemimpin harus memiliki kesadaran bahwa kepemimpinan adalah mandat dari rakyat.

"Pemimpin itu tidak hadir dari "durian runtuh". Ia mendapatkan mandat dari rakyat," kata Wiranto, di Jakarta, Selasa (17/7/2012) malam.

Kedua, menurut Wiranto pemimpin itu mesti mengetahui masalah. Karena itu dibutuhkan pengalaman dan ilmu pengetahuan.

Ia kerap menyaksikan bahwa banyak pemimpin yang terpilih hanya karena kesempatan. Padahal, orang itu tidak cukup memiliki kapasitas untuk menjadi seorang pemimpin.

Ketiga, dia (pemimpin) harus mau dan mampu membuat keputusan. Tahu masalah, tahu solusi. Wiranto menyadari untuk membuat keputusan tidaklah mudah.

Tetapi ia percaya pemimpin jauh lebih baik ambil keputusan, meski keputusan itu dinilai buruk ketimbang tidak sama sekali. Keempat, pemimpin harus menjamin dan memposisikan dirinya untuk kepentingan rakyat.

"Saya kira, dengan empat model tersebut, negeri ini akan selamat," tutur Wiranto, yang kemungkinan akan mencalonkan diri kembali sebagai R1, di Pilpres 2014, mendatang.


Penulis: Galih Prasetyo
Editor : Benny N Joewono