Kamis, 23 Oktober 2014

News / Nasional

Calon Duta Besar Harus Lulus Empat Kriteria

Selasa, 12 Juni 2012 | 19:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi I DPR RI mulai bekerja untuk mempertimbangkan calon duta besar negara luar biasa berkuasa penuh (LBBP) Republik Indonesia.

Pertimbangan oleh Komisi I DPR akan dilakukan dua hari yaitu hari ini dan lusa yang melibatkan sekitar 20 calon duta besar LBBP RI untuk negara sahabat.

"Pertimbangan duta besar akan memakan waktu selama dua hari yang dijadwalkan hari ini dan besok. Untuk hari ini sudah selesai 10 calon duta besar yang dipertimbangkan dan besok 11 calon," ujar TB Hassanudin, wakil ketua Komisi I ketika ditemui seusai rapat tertutup di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (12/6/2012).

Hasanuddin juga menambahkan kalau duta besar yang akan dipilih wajib memenuhi kriteria yang diajukan Komisi I. Kriteria tersebut tambahnya ada empat yaitu paham betul daerah bertugas, memiliki inisiatif dalam berbagai bidang yang menguntungkan Indonesia, memiliki solusi dalam penyelesaian konflik bilateral, dan memiliki konsep dalam menjembatani hubungan Indonesia dengan tempat bertugas.

"Duta besar akan mengemban misi memperkenalkan Indonesia sekaligus bekerja untuk menguntungkan posisi Indonesia dalam berbagai hal contohnya ekonomi, politik, dan budaya," tambah Hassanuddin.

Selain itu, dia juga menambahkan bahwa duta besar yang terpilih pada nantinya adalah untuk hubungan antara Indonesia dengan negara sahabat jadi duta besar LBBP wajib membina hubungan baik yang telah diretas secara bersama-sama.


Penulis: Aditya Revianur
Editor : Tri Wahono