Senin, 28 Juli 2014

News / Nasional

Plat Mobil Anas Dipastikan Palsu

Sabtu, 28 April 2012 | 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Metro Jaya memastikan bahwa plat nomor polisi B 1716 SDC yang dipakai Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum adalah palsu. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, Sabtu (28/4/2012), di Mapolda Metro Jaya.

"Dari hasil cek Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya nomor polisi tersebut adalah bukan yang sebenarnya," ucap Rikwanto.

Sebelumnya, plat nomor B 1716 SDC terlihat dipakai oleh dua mobil Anas yang berbeda. Pertama, plat nomor itu dipakai pada mobil Toyota Innova ketika Anas mengantarkan istrinya, Athiyyah Laila menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis (26/4/2012) lalu. Nomor itu juga ternyata digunakan Anas pada mobil Toyota Vellfire miliknya pada bulan Maret lalu saat acara Partai Demokrat di Bumi Perkemahan Cibubur.

Rikwanto menjelaskan, dari data yang diperoleh, nomor polisi yang sebenarnya untuk Toyota Vellfire warna hitam milik Anas adalah B 69 AUD dengan tahun kendaraan 2010. Mobil itu terdaftar atas nama Wasith Su Ady, warga Cempaka Baru, Jakarta Pusat. Sementara Kijang Inova milik Anas sebenarnya memiliki plat nomor B 1584 TOM. Mobil itu terdaftar atas nama Irmansyah, warga Jalan Mawar Merah, Malaka Jaya, Jakarta Timur.


Penulis: Sabrina Asril
Editor : Glori K. Wadrianto