Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Serahkan Nama Calon Komisioner OJK

Kompas.com - 05/04/2012, 19:52 WIB
Suhartono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis (5/4/2012) siang menyerahkan 14 nama calon komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kepada Ketua DPR Marzuki Ali. Nama-nama itu akan disaring lagi melalui uji kepantasan dan kepatutan DPR.

"Sesuai batas waktu, Presiden sudah menyerahkan 14 nama tersebut kepada Ketua DPR," kata Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, kepada Kompas, Kamis sore ini

Namun Julian tidak tahu, siapa 14 nama calon komisioner OJK tersebut. "Maaf saya tidak tahu," ujarnya.

Catatan Kompas, dari 21 nama calon yang pernah diserahkan kepada Presiden, selain nama-nama beberapa pejabat dan mantan pejabat Kementerian Keuangan, juga pejabat dan mantan pejabat Bank Indonesia serta bankir lainnya. Di antaranya, Achjar Ilyas, Rachmat Walujanto, Junus Husein, Isa Rachmatarwata, dan lainnya.

Menurut Julian, surat Presiden Yudhoyono dibawa kurir Sekretariat Negara kepada Sekretariat Jenderal DPR.

Presiden Yudhoyono, pada tanggal 20 Maret lalu, menerima 21 nama calon Dewan Komisioner OJK dari Menteri Keuangan Agus Martowardojo. Ke-21 nama itu disaring oleh panitia seleksi yang dibentuk.

Sebelumnya, ada 37 orang calon yang mengikuti seleksi tahap terakhir berupa kompetensi, sehingga terpilih 21 nama calon tersebut.

Sebagaimana dikemukakan Wakil Ketua Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Golkar Harry Azhar Azis, Komisi XI berencana melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan calon anggota Dewan Komisioner OJK sekitar bulan Mei. Hasilnya sudah harus diputuskan bulan Juni, karena anggota terpilih akan dilantik pada Juli 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com