Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kraton Ngayogyakarta Gelar Pahargyan Pengetan HB IX

Kompas.com - 02/04/2012, 05:36 WIB
Sutarmi

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kraton Ngayogyokarta Hadiningrat dalam rangka mengenang satu abad Hamengku Buwono IX, akan menyelenggarakan "Seabad Tinggalan Dalam Sri Sultan Hamengku Buwono IX, yang akan dimulai Kamis (12/4/2012).

Rangkain acara dilanjutkan dengan peringatan Hadeging Nagaru Kraton Ngayogyokarta Hadiningrat yang ke-256.

Ketua Panitia Pahargyan Pengetan I Abad Hamengku Bowono IX GBPH Joyokusumo mengatakan, rangkain kegiatan yakni Ziarah ke makan Sri Sultan HB IX di Komplesk makan raja-raja Mataram dan peringatan I Abad HB IX di Pegelaran Kraton Yogyakarta.

Acara kembali digelar Sabtu (14/4/2012) dengan rangkaian konser musik VOTE (Voice of The East) dan Sabtu (21/4/2012) kirab budaya Mubeng Beteng menyambut 1 Abad HB IX sekaligus perayaan Hadeging Nagari Ngayogyokarta Hadiningrat ke-256.

"Kegiatan ini dalam rangka untuk mengenang, menghormati sekaligus menggali nilai-nilai keteladanan HB IX,L ujar Joyokusumo, Minggu (1/4/2012).

Sementara, anggota trah Diponegoro, Roni Sodewo, mengatakan, Kraton, Puro Pakualam dan seluruh Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta gelisah dengan gonjang-ganting oleh status Keistimewaan yang tak kunjung selesai.

"Kami sangat berharap, semoga kondisi ini bukanlah pengulangan kejadian 187 tahun silam. Kami keluarga besar keturunan Pangeran Diponegoro dan trah laskar Diponegoro akan selalu berdiri menjadi benteng terhadap siapapun dan apapun yang akan mengoyak tata nilai adat dan budaya, nilai tata krama, nilai sejarah, kesakralan, tata pemerintahan yang telah aman dan nyaman dalam rumah tangga Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Roni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com