Senin, 1 September 2014

News / Megapolitan

Pilkada DKI Jakarta

Demokrat: Foke-Nachrowi Oke asal Nachrowi DKI 1

Kamis, 5 Januari 2012 | 10:47 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta yang akan berlangsung beberapa bulan lagi mulai dipanaskan dengan bursa bakal calon gubernur DKI. Dukungan dari organisasi massa ataupun organisasi politik mulai mengalir satu per satu terhadap tokoh yang kini mulai mencuat namanya ke publik. Salah satunya adalah Badan Musyawarah (Bamus) Betawi yang mendukung duet putra Betawi, yakni Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo (Foke) dengan Nachrowi Ramli yang kini menjadi Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta.

Dukungan resmi itu disampaikan Ketua Dewan Pembina Bamus Betawi, Effendi Yusuf, pada tanggal 27 Desember lalu. Menanggapi dukungan itu, Sekretaris Partai Demokrat DKI, Irfan Gani, menegaskan, partainya tetap akan mengusung Nachrowi Ramli sebagai calon DKI 1 dan bukan sebagai wakil Foke dalam pilkada mendatang.

"Kami di tingkat daerah, bulat mendukung Bang Nara (Nachrowi) maju sebagai DKI 1. Tidak ada nama lain, tidak ada Foke sebagai DKI 1, hanya Bang Nara," tutur Irfan, Kamis (5/1/2012), dalam perbincangan dengan Kompas.com.

Dia melanjutkan, dukungan Bamus Betawi yang memasangkan duet Foke-Nachrowi sangat diapresiasi Partai Demokrat. Namun, hal itu bukanlah dukungan resmi yang disampaikan Bamus Betawi sebagai organisasi. Menurut Irfan, dukungan itu hanyalah disampaikan oleh beberapa ormas yang berada di bawah Bamus Betawi.

"Itu hanya dukungan dari ormas-ormas di bawah Bamus saja, bukan Bamus secara lembaga keseluruhan. Tapi kami berterima kasih ada dukungan buat Bang Nara," katanya.

Di dalam Bamus Betawi sendiri, Nachrowi menjabat sebagai Ketua. Lebih lanjut, Irfan tidak memungkiri apabila Nachrowi bisa saja berduet dengan Foke. "Bisa saja duet dengan Foke, asal Bang Nara jadi DKI 1, Foke DKI 2," ujarnya.

Irfan mengatakan, sampai sejauh ini pihaknya belum menemukan satu nama yang paling pas untuk diduetkan dengan Nachrowi sebagai wakil gubernur DKI. Partai Demokrat, katanya, masih lebih fokus pada konsolidasi internal partai hingga anak ranting atau setingkat RW. Hal tersebut dinilai penting dalam pencalonan Nachrowi di kalangan Demokrat. Pasalnya, Nachrowi tidak hanya satu-satunya calon di Demokrat, tetapi ada nama lain, yakni Foke yang juga berencana maju sebagai DKI 1.

Kendati demikian, menurut Irfan, nantinya Majelis Tinggi Partai Demokrat yang menentukan siapa calon resmi yang diusung Demokrat dalam Pilkada DKI 2012.


Penulis: Sabrina Asril
Editor : Hertanto Soebijoto