Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hargai Martabat Masyarakat Adat

Kompas.com - 19/11/2011, 12:49 WIB
Erwin Edhi Prasetyo

Penulis

MERAUKE, KOMPAS.com - Upaya penyelesaian berbagai persoalan di Papua harus mengedepankan adanya penghargaan dan penghormatan terhadap harkat dan martabat, serta budaya masyarakat adat Papua.

Tanpa hal itu, penyelesaian masalah Papua tidak akan tuntas meskipun dilakukan upaya-upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.  

Hargai dan hormati masyarakat Papua sebagai manusia sejati, s ebagai manusia yang lebih awal tinggal di tanah Papua. Ini yang sejak dulu terabaikan, ungkap Stanislaus Gebze, Ketua Dewan Adat Papua Wilayah V Animha Merauke.

Stanislaus menuturkan, persoalan Papua tidak semata-mata s oal ketertinggalan dan minimnya kesejahteraan ekonomi warga namun merupakan akumulasi berbagai persoalan kronis puluhan tahun, seperti ketidakadilan dan juga minimnya penghormatan terhadap martabat dan budaya masyarakat adat.

Akibatnya, masyarakat adat merasa diabaikan dan disisihkan dari tanahnya sendiri. Karena itu, pendekatan kesejahteraan saja tidak akan menyelesaikan berbagai persoalan di Papua. Kenali manusianya seperti apa, adatnya, budayanya seperti apa, hormati dan hargai itu mereka, katanya.

Menurut Stanislaus, jalan dialog harus ditempuh hingga tingkat paling bawah untuk menumbuhkan rasa saling memahami maupun menghilangkan saling curiga.

Dialog itu juga penting untuk menemukan formula baru penyelesaian masalah P apua selain formula otonomi khusus (otsus). Pelaksanaan otsus selama 10 tahun dinilai telah gagal karena tidak dirasakan berpihak langsung kepada masyarakat adat.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com