Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada yang Merinding Dengar Suara Agnes

Kompas.com - 11/11/2011, 03:50 WIB

Susi Ivvaty

Dipercaya menjadi pemain musik ”perkusi nusantara” untuk mengiringi penyanyi Agnes Monica sangatlah membanggakan bagi Arif Kurniawan dan Sena Yudha Mitra, mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesenian Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan. ”Belum pernah mengisi acara sebesar ini. Belum pernah megang musik di panggung utama semegah ini. Kami demam panggung. Merinding mendengar suara Agnes,” kata Sena.

Sena dan Arif terpilih menjadi pengisi acara ”perkusi nusantara” bersama sekitar seratus pemain musik lain untuk mengisi pembukaan SEA Games XXVI di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang. Selain mahasiswa, ada juga pengamen jalanan, pemain musik di instansi pemerintahan, dan siapa saja yang lolos seleksi.

”Ah, sudah geladi bersih, besok tampil. Tadi begitu dengar suara Agnes, terus bisa melihat wajahnya langsung, kami semua bengong. Biasanya anak-anak itu, kan, selengekan kalau latihan, tadi langsung diam semua, ha-ha-ha,” tutur Arif.

Setelah diadakan seleksi pemain ”perkusi nusantara” pada awal Oktober 2011, para pengisi acara ini dilatih penata musik dan koreografer dari STSI Bandung, Jawa Barat. ”Setelah lolos, kami mulai berlatih setiap hari mulai 11 Oktober,” kata Arif, yang terpilih untuk menabuh alat musik tasya dari Aceh.

Bagi Sena, yang kebagian memainkan alat tabuh rafai dari Jawa Timur, latihan setiap hari jadi kegiatan utama sejak sebulan menjelang perhelatan. ”Karena kami memang sudah biasa main musik, jadi disuruh main perkusi ya cepat bisa. Saya sendiri mayornya gitar,” katanya.

Berlatih setiap hari selama sebulan dengan honor sebesar Rp 25.000 sehari jadi kegiatan menggairahkan bagi Sena dan Arif. Lelah, capai, tetapi nikmat. ”Kami jadi punya banyak teman dan bangga bisa berbuat sesuatu meski kecil untuk Palembang dan Indonesia,” kata Arif, yang asli Solo, Jawa Tengah.

Agnes, yang akan menyanyikan lagu ”Together We Will Shine” karya Yovie Widianto, akan tampil pada acara ke-18 dari total 33 mata acara upacara pembukaan SEA Games 2011. Menurut Deputi IV Panitia Penyelenggara SEA Games Indonesia (Inasoc) Indra Yudhistira, pesta pembukaan akan berlangsung tiga jam, pukul 19.00-22.00. Jumlah penari yang terlibat sebanyak 3.500 orang.

”Para penari akan membawakan tarian kolosal yang terbagi dalam beberapa babak, yaitu Prelude, Heart of The City, Golden Peninsula, Merajut Nusantara, dan Reach of The Dream,” katanya.

Keseluruhan acara akan diawali penampilan paduan suara Bina Vokalia Palembang, yang disusul pre-show act oleh Denny Malik. Dengan pembawa acara Tantowi Yahya dan Tiya Diran—seperti yang tertulis di susunan acara—acara akan dipandu hingga memasuki sejumlah momen penting, salah satunya pembukaan resmi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com