Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Buka World Economic Forum

Kompas.com - 12/06/2011, 12:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono direncanakan akan membuka World Economic Forum on East Asia 2011, Minggu (12/6/2011), pukul 14.00 ini.

Sejumlah pertemuan plenary dan private session telah dimulai sejak Jumat (10/6/2011) lalu untuk mengawali WEF. Dalam pertemuan tersebut antara lain dihasilkan kesepakatan untuk membentuk sebuah kemitraan dengan World Economic Forum untuk sektor pertanian yang berkesinambungan.

Sebanyak 624 partisipan mengikuti ajang tahunan ini, baik para kepala pemerintahan, para pelaku usaha nasional dan internasional, kalangan akademisi, maupun sejumlah pimpinan dari lembaga nirlaba. "Keunikan dari Word Economic Forum on East Asia ini adalah rangkaian inisiatif, kerja sama, dan kesepakatan," ujar Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

Indonesia menjadi tuan rumah World Economic Forum on East Asia untuk pertama kali. "Indonesia dengan bangga menyambut seluruh delegasi World Economic Forum on East Asia Ke-20 di Jakarta. Pada forum ini kita akan membahas berbagai kemungkinan kolaborasi dan kerja sama untuk menemukan solusi dari tantangan-tantangan bersama, yang tentunya memberi hasil terbaik bagi kita semua, termasuk Indonesia," tutur Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu di Jakarta, Rabu (8/6/2011) lalu.

Adapun Director and Head of Asia of The World Economic Forum, Palakurthi Rao menyebutkan, pertemuan tahun ini akan difokuskan pada bagaimana para pemimpin di kawasan Asia Timur bekerja sama mengatasi permasalahan, seperti tekanan inflasi, kelangkaan sumber daya, hingga degradasi lingkungan yang semakin tinggi. Selain itu, pertemuan juga akan membahas keberlangsungan pertumbuhan ekonomi pada masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com