Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Partisipasi Pilkada Karawang Tak Tercapai

Kompas.com - 20/11/2010, 04:29 WIB

Target partisipasi pemilih 70 persen pada pemilihan bupati-wakil bupati Karawang tak tercapai. Hasil penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum Karawang, Kamis (18/11), mencatat, tingkat partisipasi 63,64 persen atau diikuti 988.410 pemilih dari total 1.551.925 orang dalam daftar pemilih tetap.

Pencapaian itu lebih rendah daripada partisipasi dalam pilkada Karawang 2005 yang mencapai 71,59 persen dari 1.354.900 pemilih. Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara di Tempat Pemungutan Suara 3 Desa Cikampek Timur, Kecamatan Cikampek, Mulyadi serta sejumlah ketua KPPS di Kecamatan Telukjambe Timur, Purwasari, dan Klari mengaku kesulitan mengajak warga datang ke TPS.

”Mereka merasa kehidupannya tak membaik meski telah berulang kali menggunakan hak pilihnya. Sebagian tetap menganggur atau miskin. Di TPS saya partisipasi 61,9 persen,” kata Mulyadi.

Anggota KPU Karawang, Risza Affiat, menyatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi melalui beragam media hingga sehari sebelum pemungutan. Namun, angka partisipasi tak sesuai harapan. ”Angka 63,64 persen saya kira cukup baik di tengah kecenderungan penurunan angka partisipasi pada sejumlah pilkada di daerah lain,” ujarnya. (mkn)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com