Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizal Ramli: Jangan Jual KS!

Kompas.com - 18/11/2010, 21:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk tidak menjual PT Krakatau Steel (KS). Kalau pun Presiden SBY ingin menjual BUMN maka Rizal memintanya menjual BUMN yang dibangun pemerintahannya sendiri.

"Mau jual BUMN, monggo silakan. Tapi jual yang dibangun sendiri. Jangan jual apa-apa yang dibangun dengan susah payah oleh mantan Presiden Soekarno. KS itu kan dibangun Bung Karno dengan pinjaman dari Rusia kemudian dilanjutkan Pak Harto (mantan Presiden Soeharto) dengan pinjaman dari Jepang," ungkap Rizal saat ditemui di Hard Rock Cafe, Jakarta, Kamis (18/11/2010).

"Jadi kalau mau jual, privatisasi, mau menjalankan ideologi neoliberal silakan. Tapi jual aset yang dibangun sendiri," tegasnya.

Dengan desakan tersebut, Rizal berharap ada proses hukum yang menghentikan penjualan KS. Menurutnya penjualan KS akan mempengaruhi kondisi perindustrian di Indonesia. Sebab KS termasuk industri strategis yang banyak berkaitan dengan industri lainnya.

"Kalau yang dijual itu industri konsumen tidak masalah. Tapi KS itu termasuk industri strategis dan harusnya di pertahankan Indonesia. Kalau enggak bisa menambah, jangan mengurangi," tambah Rizal Ramli. (Tribunnews/M Ismunadi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com