Kamis, 2 Oktober 2014

News / Nasional

Mega: Om Frans Selalu Bilang Jangan Menyerah

Jumat, 1 Januari 2010 | 20:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Ada nasihat yang selalu diingat oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dari almarhum Franciscus Xaverius Seda atau Frans Seda.

"Om Frans selalu bilang saya enggak boleh menyerah," kata mantan Presiden Megawati Soekarnoputri seusai melawat ke rumah duka Jalan Metro Kencana V Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat (1/1/2010) malam ini.

Mega tiba di rumah duka sekitar pukul 19.00 dengan mengenakan kemeja berwarna hitam. Dia mengaku merasa kehilangan Frans Seda yang juga merupakan sesepuh PDI Perjuangan ini.

Bagi Megawati, Frans merupakan sosok PDI Perjuangan sejati yang selalu aktif berjuang sampai akhir hayatnya. "Sampai akhir hayatnya, om Frans tetap PDI Perjuangan," tuturnya.

Mega mengaku bertemu terakhir kali dengan Frans saat Rakernas PDI Perjuangan tahun lalu. Saat itu, Frans masih semangat memberi masukan bagi partai. Menurut Mega, Frans masih memiliki ingatan yang cukup tajam.

Selain Mega, beberapa tokoh dan mantan pejabat pemerintahan juga tampak melayat di rumah duka. Di antaranya, mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rini Suwandi, mantan Menteri Negara Perumahan Rakyat Siswono Yudo Husodo, dan mantan Wakil Presiden Try Sutrisno.

Kepada wartawan Try menyebut Frans sebagai sosok yang selalu memikirkan ekonomi kerakyatan. "Beliau selalu memikirkan perekonomian yang ditata sesuai dengan aturan ekonomi kerakyatan yang berdasar Pancasila itu," tandasnya.


Editor : msh