Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berebut Merek, Tom Cruise Kalahkan Agus Sudjojo

Kompas.com - 28/10/2009, 22:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — United Artists Corporation (Delaware Corporation), perusahaan film asal Amerika Serikat (AS), bisa bernapas lega. Pasalnya, perusahaan milik aktor kawakan Hollywood Tom Cruise itu telah memenangkan gugatan pembatalan merek yang dilayangkan kepada Majelis Hakim Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

"Mengabulkan semua gugatan yang dilayangkan pihak penggugat (United Artists Corporation dan Danjaq LLC). Menyatakan penggugat sebagai pemilik dan pendaftar pertama merek Chitty Chitty Bang Bang," kata Hakim Dasniel saat membacakan putusan, Rabu (28/10).

Dalam pertimbangannya, majelis hakim menilai bahwa berdasarkan bukti, terdapat adanya persamaan antara merek Chitty Chitty Bang Bang milik United Artists Corporation dengan merek Chitty Chitty Bang Bang milik pengusaha lokal asal Purwokerto, Jawa Tengah, yakni Agus Sudjojo.

"Putusan ini sudah sesuai dengan gugatan dan didukung dengan bukti-bukti yang kami lampirkan. Kami puas dengan putusan ini," kata Ali Imran, Kuasa Hukum United Artists Corporation (Delaware Corporation) dan Danjaq LLC (Delaware Ltd Liab Co).

Sementara itu, pihak tergugat, Agus Sudjojo, tidak hadir dalam persidangan. Agus Sudjojo tidak hadir dalam persidangan semenjak kasus ini bergulir di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Setali tiga uang, pihak tergugat II dalam hal ini Ditjen HAKI juga tidak hadir.

Seperti diketahui, kasus ini bermula dari upaya United Artists untuk melindungi merek Chitty Chitty Bang Bang di wilayah Indonesia dengan mendaftarkan merek tersebut ke Ditjen HAKI. Namun, langkah itu harus terhenti pada 4 Mei 2009 silam karena Agus Sudjojo ternyata telah mendaftarkan merek tersebut terlebih dulu.

Merek Chitty Chitty Bang Bang milik Agus Sudjojo tercatat di Ditjen HAKI sejak 7 September 2005 silam dengan nomor registrasi IDM000121389 untuk produk minuman.

Kontan, United Artists berang karena merasa dicurangi. Mereka berdalih, merek itu telah diakui di dunia sebagai international brand. Ambil contoh, merek ini telah terdaftar dengan nomor 3,298,642 sejak 25 September 2007 di AS. Selain itu, merek ini juga terdaftar di Kanada dan Uni Eropa.

Asal tahu saja, United Artists adalah perusahaan film yang berdiri sejak 15 Februari 1919. Kini, perusahaan ini dikuasai aktor Tom Cruise dan partner produksinya, Paula Wagner serta Metro Goldwyn Mayer Studios Inc.

Adapun Danjaq adalah perusahaan pemilik hak cipta dan merek dagang yang melibatkan karakter James Bond. Perusahaan ini dimiliki dan dikelola Albert R Brocoli dan Harry Saltzman, inisiator sejumlah sekuel film terkenal. (Yudho Winarto/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com