Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Meninggal Akibat Banjir Lahar di Sumatera Barat Kembali Bertambah, Kini 44 Orang

Kompas.com - 13/05/2024, 20:25 WIB
Tria Sutrisna,
Ihsanuddin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, jumlah korban meninggal dunia akibat banjir lahar dan tanah longsor di Sumatera Barat kembali bertambah.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, korban jiwa yang sudah berhasil dievakuasi ini sebanyak 44 korban.

Jumlah itu bertambah 1 korban jiwa dari data sebelumnya, setelah tim pencarian gabungan menemukan satu jasad warga di wilayah Kabupaten Agam.

“Tadi kami menerima pesan singkat dari Agam bahwa ditemukan kembali satu korban dalam kondisi meninggal. Ini masih dalam proses identifikasi nanti akan kita update setelah tim menutup pencarian hari ini,” ujar Abdul dalam konferensi pers secara daring, Senin (13/5/2024).

Baca juga: TNI AL Terjunkan Satgas SAR Bantu Cari Korban Banjir Sumbar

Menurut Agam, satu korban meninggal itu tidak termasuk dalam data tiga orang hilang di Kabupaten Agam, yang kini masih dalam proses pencarian.

Berdasarkan data yang diterima BNPB, jumlah korban hilang saat ini masih 15 orang. Sebanyak 12 di Kabupaten Tanah Datar dan tiga orang di Kabupaten Agam.

“Tadi di disebutkan kan di Agam ada tiga korban hilang, tetapi di luar korban hilang ini ditemukan lagi jenazah,” kata Abdul.

Diberitakan sebelumnya, Banjir bandang dan tanah longsor melanda sejumlah wilayah Sumatera Barat pada Sabtu (11/5/2024) dan Minggu (12/5/2024).

Bencana ini dipicu oleh hujan lebat dan meluapnya aliran sungai yang sebagian besar berhulu di Gunung Marapi.

Baca juga: Banjir Bandang Agam, Masa Tanggap Darurat Ditetapkan 15 Hari

Banjir yang terjadi diperparah dengan terbawanya material vulkanik dari Gunung Marapi melalui sungai karena hujan lebat di sekitar puncak.

“Hujan yang tinggi di sekitar puncak membawa turun material vulkanis dan menjadi lahar dingin,” kata Abdul.

Berdasarkan data BNPB, sebanyak 1.159 warga di Kabupaten Agam terpaksa mengungsi akibat bencana tersebut. Selain itu, terdapat 2.039 warga di Kabupaten Tanah Datar yang mengungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com