Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Bayah yang Eksotis...

Kompas.com - 08/05/2009, 19:22 WIB

LEBAK, KOMPAS.com — Setelah dua hari menempuh perjalanan melelahkan di jalan lintas selatan yang sebagian besar rusak parah, Tim Ekspedisi Susur Selatan Jawa Harian Kompas 2009, hari Jumat (8/5) ini, bolehlah bersantai sejenak.

Ruas jalan Ujung Genteng di Sukabumi hingga Bayah di Kabupaten Lebak, Banten, yang relatif mulus dengan kerusakan kecil di sana-sini membuat perjalanan tim menjadi sangat rileks. Apalagi di sepanjang jalur yang berliku-liku naik turun ini pemandangannya juga elok.

Kebun karet di kanan kiri jalan membuat jalanan sangat teduh dan hijau. Tim bahkan sempat beristirahat di Pantai Pelabuhanratu yang molek. Menyeruput es kelapa muda langsung dari batoknya di tengah hari yang terik sungguh menyegarkan.

Perjalanan dari Pelabuhanratu ke Bayah apa lagi! Sampai di perbatasan Jabar-Banten, tepatnya menjelang Desa Bareno di Kabupaten Lebak, pemandangan perkebunan karet di kanan jalan dan pantai di sebelah kirinya sangat elok.

Pantai-pantai di Sukabumi memang umumnya mengagumkan meski sayang tidak semua bisa diakses masyarakat luas karena minimnya infrastruktur.

Pemandangan paling eksotis adalah di sebuah bukit dekat perbatasan di mana kita bisa memandang Pelabuhanratu dari ketinggian.

Pemandangan mengagumkan bisa dinikmati kembali persis ketika tim akan masuk kota Kecamatan Bayah. Sambil berkendara di atas bukit, tim bisa menikmati Pantai Bayah yang eksotis di senja hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com