Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadin Yakinkan Jepang, Ekonomi Indonesia Atraktif

Kompas.com - 11/01/2009, 17:01 WIB

TOKYO, MINGGU — Pengusaha Jepang diminta optimistis pada iklim perekonomian Indonesia dengan tetap berinvestasi besar-besaran meskipun keadaannya di bawah terpaan krisis ekonomi global.

"Penting bagi Indonesia dan Jepang untuk memperluas usaha di tengah situasi krisis seperti sekarang, apalagi kondisi ekonomi Indonesia justru berada dalam posisi yang optimistis," kata Wakil Ketua Umum Kadin Rachmat Gobel di Tokyo, Minggu (11/1), seusai bertemu kelompok pengusaha Jepang.

Optimisme itulah yang hendak ditularkan Presiden Komsisaris PT Panasonic Gobel itu kepada ratusan kolega bisnisnya di Tokyo, Osaka, dan Nagoya di mana sejumlah data mengenai indikator ekonomi juga dipaparkan gamblang. Untuk menambah keyakinan pengusaha Jepang, Rachmat juga memboyong pengamat ekonomi dari Universitas Indonesia yang dikenal kritis, Faisal Basri.

Rachmat menyatakan, suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) turun sebesar 50 poin menjadi 8,75 persen, harga minyak turun, ekspor Indonesia juga telah beralih dari Amerika Serikat dan Eropa ke Asia dan ASEAN, serta sektor perbankan dan kondisi pangan yang terjaga baik. "Secara fundamental, perekonomian Indonesia relatif lebih baik meski terjadi tekanan terhadap rupiah. Dibandingkan dengan keadaan 10 tahun lalu, sektor keuangan jauh lebih sehat," kata Gobel.

Optimisme itu muncul karena Indonesia masih memiliki faktor utama yang menjadi daya tarik investasi, yaitu kaya sumber daya alam, upah buruh yang relatif kompetitif, terjaganya tingkat pertumbuhan, besarnya potensi pasar dalam negeri, melimpahnya ketersediaan bahan baku, dan pemerintahaan yang efektif serta tersedianya sistem insentif.

Jepang tenang

Mendapat paparan yang detail, ratusan pengusaha Jepang merespons positif dengan menyatakan bahwa paparan itu membuat mereka lebih tenang dalam memandang perekonomian Indonesia.

"Kami jadi lebih tenang karena di tengah situasi krisis ini bisa langsung memperoleh informasi terbaru yang memang sangat dibutuhkan pengusaha Jepang," kata Ketua Asosiasi Pengusaha Jepang-Indonesia wilayah Kansai (kawasan Jepang Barat) Hajime Kinoshita kepada Antara.

Menurut Kinoshita, hal yang paling bermanfaat dari pertemuan ini adalah munculnya sikap optimistis, terlebih kondisi ekonomi Jepang masih terkena dampak krisis ekonomi global.

Lebih jauh, Rachmat memaparkan, untuk mengatasi krisis, Indonesia telah melindungi pasar domestik termasuk mempersempit jalur masuk barang-barang selundupan yang bisa merusak pasar dalam negeri.

Sementara itu, Faisal Basri menjelaskan, kondisi pasar domestik Indonesia itu sangat besar dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya, apalagi penyebab ekonomi Indonesia bergejolak adalah aliran hot money di pasar saham dan pasar keuangan yang gampang masuk dan gampang keluar seperti dialami beberapa negara-negara ASEAN.

"Kita justru membutuhkan investasi di produk yang riil yang bisa memberikan nilai tambah. Itu sebabnya diperlukan foreign direct investment seperti dari Jepang ini," kata Faisal.

Investasi asing langsung (FDI), katanya, lebih langgeng ketimbang hot money karena tidak terpengaruh gejolak ekonomi, membuka lapangan kerja, dan menciptakan stabilitas politik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com