Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu: Ibu Saya Perempuan Paling Hebat

Kompas.com - 11/10/2008, 10:29 WIB

SEMARANG, SABTU — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ditemui di Semarang, Sabtu, mengungkapkan, ibunya, Prof Dr Retno Sriningsih Satmoko (77), sebagai perempuan yang paling hebat sekaligus teladan.
    
"Ibu saya adalah perempuan paling hebat," kata anak ketujuh dari Retno Sriningsih Satmoko yang meninggal dunia, Jumat (10/10) sekitar pukul 19.45 di RSUP Dr Kariadi Semarang.

Sri Mulyani menjelaskan, ibunya mampu mengurus sepuluh putra putrinya dan memberikan contoh dengan mendapatkan gelar pendidikan tertinggi, profesor. "Ibu tidak hanya mengajar di kelas, tetapi juga untuk putra putrinya," kata Sri Mulyani seusai mendapat ucapan bela sungkawa dari Miranda S Goeltom, Deputi Senior Gubernur Bank Indonesia.

Istri dari Tony Sumartono ini juga menilai bahwa ibunya adalah sosok yang sempurna dan merupakan hadiah terindah. "Ibu adalah manusia yang komplet dan merupakan hadiah terindah dari Tuhan," katanya mengenang almarhum sembari menahan isak.

Prof Dr Retno Sriningsih Satmoko sebelumnya aktif di dunia pendidikan dengan profesi terakhir sebagai Guru Besar Luar Biasa Universitas Negeri Semarang. Almarhumah juga menjadi Ketua Program Studi Doktor Manajemen pendidikan Program Pascasarjana Unnes dan Anggota Senat Guru Besar IKIP Semarang sejak tahun 1991.

Almarhumah lahir pada 11 Maret 1921 dengan meninggalkan 10 anak. Rencananya jenazah akan dimakamkan di pemakaman umum Bergota, Sabtu (11/10) sekitar pukul 13.00. Sebelumnya jenazah akan disemayamkan di auditorium Unnes Gunungpati untuk mendapatkan penghormatan terakhir dari civitas akademika Unnes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com