Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMKM Diupayakan Dapat Insentif

Kompas.com - 05/06/2008, 18:37 WIB

JAKARTA,KAMIS - Menteri Negara UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Suryadharma Ali akan mengupayakan pemberian insentif kepada UMKM. "Kita ingin UMKM dapat insentif. Tapi harus kita koordinasikan dengan Menteri Keuangan (Sri Mulyani). Dan ada ketentuan yang implementasinya harus lewat Peraturan Presiden," kata Suryadharma di Jakarta, Kamis (5/6).

Menurut Suryadharma pihaknya akan berupaya memasukkan soal insentif ini ke dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) UMKM yang sedang dibahas dengan Komisi VI DPR RI.

"Kita berharap kesejahteraan UMKM bisa terwujud lebih cepat. Yang prioritas dari UU ini adalah pasal-pasal yang berkaitan dengan Pemerintah agar industri kecil lebih diberdayakan," katanya.

Dia juga mengatakan sejumlah item penting dalam RUU UMKM. Diantaranya mengenai lembaga pembiayaan, jaminan usaha kepada UMKM yang menjadi pegangan kuat untuk berpacu lebih mandiri. "Dengan UU ini UMKM punya payung hukum jelas. Dan diatur dalam UU itu termasuk keharusan Pemerintah berdayakan mereka yang jumlahnya lebih 90 persen," katanya. (ACO/Persda Network)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com