Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laguna Segara Anakan Menyempit, Ancaman Banjir Meluas

Kompas.com - 30/04/2008, 14:08 WIB

Laporan wartawan Kompas Madina Nusrat

CILACAP, RABU - Luas perairan Laguna Segara Anakan, Cilacap, Jawa Tengah, sekarang ini semakin sempit, tinggal 600 hektar dari 4.000 hektar pada tahun 1980-an lalu. Penyempitan itu menyebabkan ancaman banjir tahunan semakin meluas.

Kepala Bidang Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Cilacap Mudjiono, Rabu (30/4), mengatakan, sudah setahun ini kawasan banjir tahunan di sekitar Laguna Segara Anakan mulai meluas.

Hingga setahun lalu, kawasan langganan banjir tahunan masih di sekitar Kecamatan Kawunganten dan Sidareja. Namun pada tahun ini mulai mengenai Kecamatan Cipari, Bantarsari, dan Binangun.

Mudjiono mengatakan, fungsi utama dari Laguna Segara Anakan itu sendiri memang untuk menampung limpasan air dari beberapa sungai di Cilacap dan Ciamis, Jawa Barat. Namun dengan laju sedimentasi lumpur yang begitu cepat dari Sungai Citanduy, menyebabkan laguna tak lagi mampu menampung limpasan air dari sejumlah sungai.

Dia memperkirakan jika tak ada penanganan yang serius terhadap penyelamatan Laguna Segara Anakan, dalam 5 tahun ke depan laguna itu akan menjadi daratan. "Dampaknya, kawasan sekitar Segara Anakan hingga hilir Citanduy akan terendam banjir setiap tahunnya," katanya. (MDN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com