Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Lampion untuk Menyambut Imlek

Kompas.com - 31/01/2008, 22:34 WIB

JAKARTA, KAMIS - Langit-langit Klenteng Sin Tek Bio yang berada di Pasar Baru, Jakarta Pusat, dipenuhi banyak lampion berwarna merah. Sore ini (31/1) lampion-lampion yang berisi lampu kecil itu menyala, cahayanya memenuhi ruangan wihara yang berdiri pada abad-17 itu.

"Ada sekitar 500-an lampion yang dipasang. Sudah dipasang mulai sebulan yang lalu," ujar salah satu pengurus yayasan wihara Dharma Jaya (Sin Tek Bio) Santoso Witoyo. Pemasangan lampion ini, lanjut Santoso dalam rangka menyambut tahun baru Imlek yang jatuh pada 7 Februari nanti.

Selain lampion, di dalam wihara juga terdapat lilin-lilin dengan ukuran besar, jumlahnya sekitar 50 buah. Tinggi lilin yang paling besar, panjangnya kurang lebih 2 m dengan diameter 40 cm dan berat 300 kg. "Lilin yang paling besar, sepasang beratnya 1000 kati. Satu kati sama dengan 0,6 kg, jadi beratnya 600 kg," kata Santoso.

Tiap lilin, menurut Santoso akan dicantumkan nama pemiliknya. Biasanya, lilin-lilin yang ada akan dinyalakan malam sebelum tahun baru Imlek. "Biasanya sejak sore, sehari sebelum Imlek, umat sudah mulai berdatangan dan berdoa," jelasnya. Lilin-lilin ini akan terus dinyalakan sampai batang lilin habis. "Yang paling besar bisa sampai enam bulan," katanya.

Rencananya, saat Imlek nanti di wihara ini juga akan dimeriahkan dengan barongsai. "Selain itu, yah hanya ritual sembahyang saja," lanjut Santoso. Kue khas Imlek, kue keranjang, juga sudah disiapkan, nantinya akan dibagi-bagikan kepada umat yang datang.

Dibantu Warga Sekitar

Di klenteng Hian Thian Siang Tee di Palmerah Selatan, Jakarta Pusat suasana menyambut imlek juga sudah mulai terasa. Saat Kompas.com berkunjung (30/1) terlihat beberapa orang sedang memasang lampion dan mengecat beberapa bagian dari klenteng. "Persiapan sudah dua minggu yang lalu, yah bersih-bersih, ngecat," ujar salah satu umat Slamet.

Menurut Slamet, bukan hanya umat klenteng yang mengerjakan persiapan menyambut Imlek, tapi juga dibantu warga sekitar yang berbeda agama. "Warga sekitar juga ikut. Saling bantu tanpa pamrih," katanya.

Untuk lampion, di klenteng Hian Thian Siang Tee akan dipasang sekitar 100 lampion. Sedangkan, lilin-lilin besar, lanjut Slamet akan dipasang menjelang malam tahun baru Imlek. "Saat Imlek nanti ga ada acara barongsai ataupun wayang, hanya ada ritual sembahyang saja," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com