Minggu, 23 November 2014

News /

Yang Harus Dibawa Saat Travelling

Kamis, 31 Januari 2008 | 16:34 WIB

Apa saja barang yang harus dibawa saat travelling ke suatu wilayah di Indonesia, tidak peduli apapun jenis kegiatan yang akan dilakukan? Barangkali ada yang berpendapat, uang bisa menyelesaikan segalanya. Jadi, bawa uang saja sudah cukup. Dalam kondisi tertentu, uang tidak ada gunanya jika barang yang diperlukan tidak tersedia di pasaran setempat.

Barang-barang berikutlah yang harus selalu ada dalam ransel Anda.
 
KARTU identitas berupa KTP (kartu tanda penduduk) atau SIM (surat ijin mengemudi). Tanpa kartu identitas, Anda bisa mengalami masalah saat bertemu dengan polisi yang tengah melakukan razia, ketika check in di hotel, atau saat akan menyewa kendaraan.

UANG tunai untuk kondisi darurat di daerah terpencil. Sejumlah back packer berpengalaman menyimpan uang tunai di kantong-kantong tersembuyi di pakaian atau ransel mereka. Dalam kondisi darurat, misalnya di lokasi di mana kartu kredit atau debit tidak bisa digunakan, dana cadangan dari kantong-kantong rahasia itu bisa sangat membantu.

TOPI, kaca mata hitam, dan pelembab untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

SEPATU booth yang kuat dan sandal atau thong

KUNCI untuk koper atau tas.  Koper, tas, atau ransel harus selalu dalam kondisi terkunci demi mencegah terjadinya pencurian.

TAS kosong untuk membawa belajaan Anda saat pulang ke rumah.

ALAT penutup telinga. Alat ini berguna jika Anda tidak mau terganggu oleh suara bel wake up call di pagi hari.

DENTAL floss, tampons, dan cream cukur

JAKET anti air

OBAT anti malaria dan obat nyamuk. Masih banyak tempat di Indonesia yang merupakan daerah endemis malaria.

SEBUAH sarung atau kain. Kain akan punya banyak manfaat seperti bisa jadi topi, handuk, atau bahkan alas duduk di pasir atau rumput.

YANG terakhir ini bukan termasuk barang tetapi sangat penting, yaitu Anda tidak boleh malu dan  harus memiliki rasa humor. (Lonely Planet/EGP)


Editor :