Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Beli Sabu, Dua ABG di Palembang Nekat Menjambret

Kompas.com - 24/03/2019, 09:06 WIB
Aji YK Putra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS. com - Jajaran Unit Reskrim Polsek Kalidoni, Palembang, menangkap Am (17) dan Ra (19) lantaran telah melakukan penjambretan di kawasan Talang Gading, Kecamatan Kalidoni.

Aksi keduanya pun terekam kamera CCTV yang berada di lokasi sekitar, sehingga petugas langsung bergerak dan mengamankan mereka di tempat tinggal masing-masing.

Ra mengaku, aksi kriminal itu mereka lakukan karena sedang dalam kondisi sakau akibat menjadi pecandu sabu. Lantaran terdesak tak ada uang, ia pun mengajak Am untuk beraksi.

Baca juga: Dua Pria Ini Ditangkap Anggota TNI Setelah Mencoba Menjambret Tas

"Korban lagi melintas, tasnya langsung kami tarik, isinya ada handphone dan uangnya ada Rp 650.000," kata Ra, saat berada di Polsek Kalidoni, Sabtu (23/3/2019).

Setelah mendapatkan uang dari hasil menjambret, kedua tersangka langsung membeli narkoba jenis sabu. Keduanya langsung berpesta setelah mendapatkan barang haram tersebut.

Keduanya mengaku telah putus sekolah karena terjerat kasus. Sejak tak lagi menginjak bangku pendidikan, mereka hanya menjadi pengangguran tanpa memiliki pekerjaan yang pasti.

"Bingung karena tidak ada uang beli sabu jadi kami menjambret. Ini baru sekali, biasanya kerja serabutan. Tapi, sekarang lagi tidak ada kerjaan," ujar dia.

Kapolsek Kalidoni AKP Irene mengungkapkan, keduanya terancam dikenakan Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan (curas).

Baca juga: Pengendara Motor yang Tertabrak di Cilincing Rupanya Niat Menjambret

Penyidik menurut dia masih melakukan pemeriksaan terhadap keduanya untuk mengungkap dugaan aksi jambret di tempat lain, yang dilakukan oleh kedua pelaku.

"Kebetulan di lokasi kejadian ada CCTV masjid. Di sana wajah mereka terekam jelas, sehingga dilakukan penyelidikan. Tadi malam pelaku diamankan di kediaman mereka masing-masing," ujar Irene.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com