Wiranto: Banyak Sekali Negara yang Menawarkan Bantuan

Kompas.com - 01/10/2018, 11:39 WIB
Foto udara kerusakan di Perumnas Balaroa akibat gempa bumi yang mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018). Gempa bermagnitudo 7,4 mengakibatkan ribuan bangunan rusak dan sedikitnya 420 orang meninggal dunia. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOFoto udara kerusakan di Perumnas Balaroa akibat gempa bumi yang mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018). Gempa bermagnitudo 7,4 mengakibatkan ribuan bangunan rusak dan sedikitnya 420 orang meninggal dunia.
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan, saat ini pemerintah tengah mengatur masuknya bantuan dari negara lain untuk bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

"Nanti kita rapatkan, negara yang menawarkan sudah banyak, banyak sekali," kata Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Wiranto mengatakan, tawaran bantuan datang dari negara-negara tetangga di kawasan Asia Tenggara, maupun dari kawasan Eropa hingga Amerika.

Baca juga: Indonesia Terbuka Terima Bantuan Negara Lain Atasi Bencana di Sulteng

Hari ini, rencananya Wiranto akan bertemu duta besar dari negara-negara tersebut.

"Hari ini kita memanggil para dubes untuk membicarakan bantuan apa yang bisa ditawarkan dan kita juga sudah punya target-target hal-hal yang dibutuhkan dalam rangka penanganan pengungsi itu," kata Wiranto.

Baca juga: Wapres Kalla: Bantuan Internasional untuk Palu dan Donggala Masih Dibicarakan

Kendati Indonesia terbuka menerima bantuan dari negara lain, namun Wiranto menegaskan bahwa status bencana gempa dan tsunami di Sulteng belum naik menjadi bencana nasional.

"Bukan bukan. Ini tidak bicara status, ini bicara soal kebutuhan," kata dia.

Gempa berkekuatan 7,4 magnitudo yang diikuti tsunami terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat lalu.

Data sementara hingga Minggu siang, jumlah korban tewas dalam bencana itu tercatat 832 orang.

Gempa dan tsunami ini sebelumnya memang menjadi sorotan dunia internasional. Sejumlah negara sudah menyatakan bersedia menyalurkan bantuan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X