Kompas.com - 18/06/2016, 13:58 WIB
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, pemberantasan korupsi harus melibatkan berbagai macam elemen masyarakat.

Saat ini di Indonesia, gerakan antikorupsi masih menjadi gerakan yang elitis dan belum menyentuh seluruh masyarakat.

"Yang paling banyak terlibat dalam gerakan antikorupsi sekarang ini adalah kelompok elit. Kelas menengah, intelektual, aktivis," kata Dahnil dalam Konvensi Antikorupsi 2016 di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Sabtu (18/6/2016).

Dahnil berharap gerakan antikorupsi dapat dilakukan dari tingkatan paling dasar di masyarakat. Untuk mencapai itu, kata dia, gerakan pemberantasan korupsi dapat belajar dari Revolusi Perancis.

"Kalau kita belajar dari Revolusi Perancis, masyarakat di bawah terlibat. Itulah mengapa revolusi Perancis berhasil. Gerakan perubahan harus terlibat dari gerakan yang paling bawah," ucapnya.

Salah satu yang dapat membuat masyarakat akrab akan tindakan dan makna dari korupsi, Dahnil menyarankan perubahan istilah "koruptor" menjadi "maling".

Ia juga mengajak awak media untuk menulis maling dalam pemberitaannya mengenai koruptor.

"Ada permasalahan dengan sisi antropologi dengan kata korupsi. Agaknya penting kita berikan simbolisasi yang tegas dan keras. Wartawan sebut maling saja agar masyarakat lebih paham," tutur dia.

Kompas TV Aktivis & Pimpinan KPK Tolak RUU KPK

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.