Kompas.com - 21/12/2015, 14:19 WIB
|
EditorIcha Rastika
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Dalam Negeri bersama dengan Jaksa Agung dan  pengurus lembaga keagamaan mendeklarasikan kerukunan umat beragama dalam acara Harmonisasi Kerukunan Umat Beragama di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (21/12/2015).

"Ini untuk meningkatkan intensitas komunikasi pemda dengan tokoh agama, untuk meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama," ujar Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Soedarmo di Hotel Sahid di Jakarta, Senin.

Selain itu, menurut Soedarmo, deklarasi ini bertujuan memperkuat toleransi sekaligus menjaga suasana tetap kondusif menjelang perayaan Natal dan perayaan pergantian tahun. (Baca: Menko Polhukam: Kawasan Obyek Vital "High Alert" hingga Tahun Baru)

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, pemerintah selalu berupaya untuk mengantisipasi berbagai dinamika sosial di tingkat pusat dan daerah yang berpotensi menimbulkan konflik.

Menurut Tjahjo, Kemendagri melalui Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum berperan dalam membangun harmonisasi antarumat beragama.

Selanjutnya, hasil deklarasi tersebut akan diteruskan ke forum komunikasi antarumat beragama di tingkat daerah. (Baca: Mendagri Minta Daerah Siaga Satu Antisipasi Konflik Pasca Pilkada)

Jajaran pemerintah daerah hingga ke tingkat terkecil akan berupaya meningkatkan koordinasi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, serta TNI/Polri untuk mengantisipasi berbagai konflik yang diarahkan pada isu-isu keagamaan.

Deklarasi ini dihadiri oleh sejumlah pimpinan lembaga keagamaan, seperti Konferensi Wali Gereja Indonesia, Majelis Ulama Indonesia, Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia, Parisada Hindu Dharma Indonesia, Perwakilan Umat Buddha Indonesia, dan Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.