Menhub: Penerbangan ke Riau Kembali Normal

Kompas.com - 26/02/2014, 15:32 WIB
Menteri Perhubungan EE Mangindaan. Kompas.com/SABRINA ASRILMenteri Perhubungan EE Mangindaan.
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan EE Mangindaan menyatakan penerbangan menuju Riau sudah kembali berjalan normal. Sebelumnya, sejumlah penerbangan tertunda keberangkatannya karena kabut asap tebal di Riau akibat dari pembakaran hutan.

Mangindaan menuturkan pada Selasa (25/2/2014), penerbangan ke Singapura, Kuala Lumpur, dan Batam tertentu. Namun, pada Selasa siang sudah kembali normal. "Tadi pagi saya monitor, tidak ada perubahan, masih tetap normal," ujarnya di Istana Negara, Rabu (26/2/2014).

Politisi Partai Demokrat itu pun menyebutkan asap kabut tebal ini tak sampai membuat industri penerbangan terpukul. Pasalnya, hanya ada 8-9 penerbangan yang terganggu.

Lebih lanjut, Mangindaan berharap agar ke depan ada langkah nyata dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan. "Kalau sudah mencegah, berarti kan pesawat terbang itu gak terlalu terganggu," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah provinsi Riau menetapkan status tanggap darurat kabut asap yang merupakan kejadian luar biasa akibat terjadinya kebakaran hutan dan lahan untuk membuka lahan baru bagi perkebunan kelapa sawit. Dari 12 kabupaten/kota di Riau, tujuh daerah sudah tanggap darurat setelah banyaknya korban yang terserang infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang mencapai 22.301 orang dan dipastikan akan terus bertambah.

Ketujuh kabupaten/kota yang menetapkan status tanggap darurat kabut asap itu adalah Kabupaten Bengkalis, Rokan Hilir, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Siak, Pelalawan, Meranti, dan Kota Dumai.

Kabut asap di Riau ini juga menganggu jadwal penerbangan di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru dalam dua pekan terakhir dan ada beberapa penerbangan tertunda karena jarak pandang yang berkurang.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X