Kompas.com - 17/06/2013, 19:07 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorHindra

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Indonesia dan Papua Nugini sepakat melakukan kerja sama ekstradisi. Kesepakatan itu diambil dalam pertemuan bilateral antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Papua Nugini Peter O'Neil di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/6/2013).

"Kami sepakat kerja sama di bidang hukum agar kedua negara bisa menegakkan hukum atas negaranya masing-masing. Oleh karena itu, kerja sama di bidang ekstradisi ini menjadi sangat penting," kata Presiden saat jumpa pers seusai pertemuan bilateral.

Menteri Koordinator bidang Polhukam Djoko Suyanto mengatakan, perjanjian ekstradisi dengan Papua Niugini (PGN) tidak dikhususkan untuk kasus per kasus, tetapi jangka panjang. Setelah kesepakatan itu, kata dia, teknis kerja sama akan diatur oleh Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin dan Jaksa Agung Basrief Arief.

"Itu tidak kasus per kasus. Perjanjian ekstradisi kan tidak hanya dengan PGN," kata Djoko ketika ditanya soal buronan Djoko Tjandra. Terpidana kasus pengalihan hak tagih Bank Bali itu disebut berada di PGN.

Jaksa Agung mengatakan, perjanjian ekstradisi itu akan memudahkan pemerintah untuk memulangkan buronan di PNG. "Siapa pun. Kalau sudah ada MoU, kalau nanti ada permintaan dari kita maupun dari sana, akan lebih mudah," kata Basrief.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.