Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roy Suryo: Rusli Zainal Ditahan, ISG Digelar di Jakarta

Kompas.com - 15/06/2013, 02:43 WIB

Jakarta, Kompas - Kementerian Pemuda dan Olahraga memastikan, penyelenggaraan Pekan Olahraga Persaudaraan Islam, Islamic Solidarity Games, tahun 2013 akan dipindahkan dari Riau ke Jakarta. Kepastian pemindahan itu dilakukan bersamaan dengan penahanan Gubernur Riau Rusli Zainal oleh Komisi Pemberantasan Korupsi di Jakarta, Jumat (14/6).

”Penahanan Rusli Zainal menjadi salah satu faktor penguat pemindahan ajang itu karena tidak ada lagi penanggung jawab Islamic Solidarity Games (ISG) di Riau. Sebelumnya, Islamic Solidarity Sports Federation (ISSF) juga menyarankan ISG digelar di Jakarta,” ujar Roy Suryo, Menteri Pemuda dan Olahraga.

Roy mengatakan, dirinya tidak mencampuri urusan hukum Rusli. Namun, penahanan oleh KPK itu seolah menjadi salah satu rangkaian peristiwa yang mengharuskan ISG digelar di Jakarta.

Pada Minggu (9/6) di Jeddah, Arab Saudi, tiga perwakilan Kemenpora berdiskusi dengan Sekretaris Jenderal ISSF Faisal A Al Nassr. ISSF merekomendasikan ISG digelar di ibu kota Indonesia, DKI Jakarta, pada 22 September sampai 1 Oktober 2013.

Hari Senin (10/6), Kemenpora sudah rapat dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menggelar ISG. Langkah Kemenpora dimantapkan dengan pengiriman surat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk memberitahukan soal rencana pemindahan ISG dan permohonan penerbitan keputusan presiden (keppres) sebagai dasar hukumnya, Kamis (13/6).

Pada Jumat (14/6), Rusli Zainal ditahan di Jakarta.

”Seperti ada garis tangan atau petunjuk dari Tuhan, ISG memang harus digelar di Jakarta. Semua perkembangan terjadi secara berurutan dan saling memperkuat,” ujar Roy.

Roy mengatakan, dengan adanya kepastian itu, panitia ISG dapat berkonsentrasi menggelar ajang besar itu hanya di Jakarta. Semua sumber daya harus dimanfaatkan agar ISG dapat terselenggara dengan baik.

Roy meminta kerja sama Pemprov DKI Jakarta untuk membantu berbagai hal yang diperlukan panitia ISG sebelum dan selama penyelenggaraan ISG. Roy juga berharap keppres dapat segera terbit. (ECA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com