Kompas.com - 27/05/2013, 19:23 WIB
|
EditorFarid Assifa

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Ratusan warga binaan di dua yayasan penampung penderita penyakit kejiwaan ikut memeriahkan hari ulang tahun ke-63 Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) di Perdagangan, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin (27/5/2013).

Selain mencicipi kue ulang tahun dan menerima hadiah sembako, warga binaan di Yayasan Trisakti dan Sungai Yordan ini juga ikut berbaur dan bernyanyi dengan rombongan istri Bupati Simalungun Erunita JR Saragih yang datang bersama Ketua IGTKI Kabupaten Simalungun Siti Aisyah Purba.

Di sela memberikan bantuan, Erunita JR Saragih menyampaikan terima kasih kepada kedua pengurus yayasan yang peduli terhadap masyarakat yang jiwanya terganggu, baik akibat narkoba maupun murni sakit kejiwaan.

"Saya sangat prihatin dengan warga yang ada di sini, mereka semua sangat membutuhkan perhatian dari kita. Sebenarnya ini tidak menjadi keinginan mereka, hanya saja mereka salah jalan, sehingga sampai terjadi seperti ini. Oleh karena itu mari kita berikan perhatian kepada mereka dengan harapan dapat sembuh dan kembali ke tengah-tengah masyarakat dan menjadi orang yang baik," ujar Erunita.

Pengurus Yayasan Trisakti Susianti Nasution menjelaskan, di yayasannya ada 43 orang warga binaan yang terganggu jiwanya karena narkoba dan gangguan kejiwaan murni. Mereka berasal dari berbagai daerah seperti Medan, Tanjung Balai, Kisaran, Pekanbaru, Pematangsiantar dan Simalungun.

"Selama berada di yayasan, mereka diberikan pengobatan secara medis, terapi, pengobatan tradisional dan pembinaan mental dari guru agama," katanya.

Pengurus Yayasan Sungai Yordan Pendeta Leo Tampubolon pada kesempatan yang sama menuturkan ada sebanyak 98 orang warga binaannya yang juga berasal dari berbagai daerah dan umumnya mereka kurang mendapat perhatian dari keluarga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami berterima kasih atas perhatian ibu Bupati terhadap warga binaan kami," katanya.

Dalam acara itu, salah seorang warga binaan diberikan kesempatan untuk meniup lilin ulang tahun IGTKI. Setelah kue dipotong, lalu dibagikan ke warga binaan. Sebelum acara ditutup, warga binaan diberikan kesempatan berbaur dan bernyanyi dengan rombongan istri Bupati Simalungun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.