Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Penderita Gangguan Jiwa Meriahkan Ultah IGTKI

Kompas.com - 27/05/2013, 19:23 WIB
Kontributor Kompas TV, Tigor Munthe

Penulis

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Ratusan warga binaan di dua yayasan penampung penderita penyakit kejiwaan ikut memeriahkan hari ulang tahun ke-63 Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) di Perdagangan, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin (27/5/2013).

Selain mencicipi kue ulang tahun dan menerima hadiah sembako, warga binaan di Yayasan Trisakti dan Sungai Yordan ini juga ikut berbaur dan bernyanyi dengan rombongan istri Bupati Simalungun Erunita JR Saragih yang datang bersama Ketua IGTKI Kabupaten Simalungun Siti Aisyah Purba.

Di sela memberikan bantuan, Erunita JR Saragih menyampaikan terima kasih kepada kedua pengurus yayasan yang peduli terhadap masyarakat yang jiwanya terganggu, baik akibat narkoba maupun murni sakit kejiwaan.

"Saya sangat prihatin dengan warga yang ada di sini, mereka semua sangat membutuhkan perhatian dari kita. Sebenarnya ini tidak menjadi keinginan mereka, hanya saja mereka salah jalan, sehingga sampai terjadi seperti ini. Oleh karena itu mari kita berikan perhatian kepada mereka dengan harapan dapat sembuh dan kembali ke tengah-tengah masyarakat dan menjadi orang yang baik," ujar Erunita.

Pengurus Yayasan Trisakti Susianti Nasution menjelaskan, di yayasannya ada 43 orang warga binaan yang terganggu jiwanya karena narkoba dan gangguan kejiwaan murni. Mereka berasal dari berbagai daerah seperti Medan, Tanjung Balai, Kisaran, Pekanbaru, Pematangsiantar dan Simalungun.

"Selama berada di yayasan, mereka diberikan pengobatan secara medis, terapi, pengobatan tradisional dan pembinaan mental dari guru agama," katanya.

Pengurus Yayasan Sungai Yordan Pendeta Leo Tampubolon pada kesempatan yang sama menuturkan ada sebanyak 98 orang warga binaannya yang juga berasal dari berbagai daerah dan umumnya mereka kurang mendapat perhatian dari keluarga.

"Kami berterima kasih atas perhatian ibu Bupati terhadap warga binaan kami," katanya.

Dalam acara itu, salah seorang warga binaan diberikan kesempatan untuk meniup lilin ulang tahun IGTKI. Setelah kue dipotong, lalu dibagikan ke warga binaan. Sebelum acara ditutup, warga binaan diberikan kesempatan berbaur dan bernyanyi dengan rombongan istri Bupati Simalungun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com