Kompas.com - 21/05/2013, 12:30 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Bosan dengan bentuk lampu-lampu gantung yang ada saat ini? Mungkin, ini waktunya bagi Anda melihat berbagai desain lampu kontemporer di seluruh dunia, seperti lampu gantung cantik  bergaya kontemporer karya desainer Kanada, Tat Chao, ini.

Tat Chao memberikan sentuhan berbeda pada istilah "daur ulang". Alih-alih membuat desain yang terkesan "bekas pakai", ia justeru menggabungkan kecantikan dan kesegaran dalam lampu bernama "Bipolar Lamps" yang terbuat dari gelas-gelas anggur tidak terpakai.

Penggabungan dua gelas anggur membuat lampu-lampu ini memiliki bentuk penuh lekukan sehingga terkesan "montok". Selain cantik, ramah lingkungan, ternyata lampu ini juga efisien dalam hal penggunaan energi.

Chao memang menggunakan LED sebagai sumber cahayanya. Seperti diketahui sebelumnya, penggunaan LED mengkonsumsi energi dalam jumlah yang lebih sedikit dari lampu biasa.

Lampu-lampu dalam koleksi Bipolar ini terinspirasi dari tempat lilin yang dibuat oleh sang desainer bagi seri Vitro miliknya. Chao mengumpulkan berbagai produk kaca lewat donasi dan toko-toko barang bekas demi proyek yang ia kerjakan di Montreal, Kanada, ini.

Menurut Chao, lampu-lampu minimalis tersebut membawa pesan "melahirkan kembali sesuatu yang ditolak, ketinggalan zaman, dan rusak". Tertarik? Produk ini cuma bisa Anda temukan pada gelaran Wanted Design 2013 di New York Design Week pekan ini! 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.