Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru 65.000 Warga Mimika Rekam KTP Elektronik

Kompas.com - 25/04/2013, 09:29 WIB

TIMIKA, KOMPAS.com - Warga Mimika, Papua, yang sudah merekam KTP elektronik (e-KTP) hingga April 2013 baru tercatat sekitar 65.000 orang atau sekitar 30 persen dari target sekitar 190.000 penduduk setempat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Mimika, Muhammad Toha, di Timika, Kamis (25/4/2013), mengatakan, masih banyak warga Mimika yang belum mengurus e-KTP, sehingga instansinya terus membuka pelayanan di kantor maupun di tempat-tempat umum.

Sejak sepekan lalu, Dispencapil Mimika membuka pelayanan e-KTP di Kantor Pusat Pemerintahan di Karang Senang-SP3, Kuala Kencana, setiap hari Jumat di Masjid Agung Babussalam, dan setiap hari minggu di Gereja Katedral Tiga Raja Timika.

Selain itu, pelayanan e-KTP juga dibuka di Bandara Mozes Kilangin Timika, untuk menjaring pengguna jasa penerbangan, dan Pin Simpati Seluler di Jalan A Yani untuk menjaring karyawan Freeport dan kontraktor yang hendak berangkat atau pulang dari tempat kerja mereka di Tembagapura.

"Kami mohon keaktifan warga untuk segera merekam e-KTP, dengan menyerahkan biodata ke petugas karena e-KTP sangat penting. Apalagi mulai Oktober 2013 KTP lama sudah tidak berlaku lagi," ucap Toha.

Ia mengatakan bahwa ada beberapa kendala yang ditemui, sehingga warga belum mendapat e-KTP meski telah merekam indentitasnya sejak beberapa bulan lalu. Setiap data warga yang telah direkam, katanya, langsung diinput secara online ke pusat data kependudukan di Jakarta untuk dicetak e-KTP.

Keterlambatan mendapatkan e-KTP bisa terjadi, karena warga yang bersangkutan sudah terdata di daerah lain di luar Mimika.

Menurut Toha, pengurusan e-KTP hingga kini masih gratis, tanpa dipungut bayaran sepeserpun.

Dispencapil Mimika berencana untuk berangkat lagi ke kampung-kampung di distrik pedalaman, untuk menjaring warga yang belum merekam e-KTP.

"Tahun ini, kami upayakan untuk berangkat lagi ke distrik-distrik pedalaman sampai di Jila, meskipun tahun lalu kami sudah melakukan itu karena mungkin masih ada warga yang belum merekam e-KTP," tutur Toha.

Selain membuka pelayanan rutin e-KTP di Timika, pelayanan serupa juga dibuka secara rutin di Distrik Tembagapura dan Kuala Kencana, yang merupakan distrik dengan jumlah penduduk terbanyak di Mimika selain Distrik Mimika Baru, katanya.

Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com