Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati Hari Kartini, Perempuan Atur Lalu Lintas

Kompas.com - 22/04/2013, 19:29 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Beragam cara perempuan di tanah air memaknai hari Kartini yang diperingati setiap 21 April. Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat misalnya, puluhan pegawai wanita dari Dinas Perhubungan memperingati hari Kartini dengan cara turun ke jalan mengatur lalu lintas yang macet, terutama pada jam masuk dan pulang kerja.

Keterlibatan para perempuan mengatur lalu lintas di jalan Andi Depu ini membuat petugas lalu lintas dari LLAJR dan kepolisian bisa beristirahat sejenak. Mereka tampak serius mengatur arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan. Aksi tak biasa ini mengundang perhatian pengendara.

Sudirman, salah seorang pengendara yang melintas Jalan Andi Depu mengaku terkejut saat mendapati sejumlah perempuan berseragam Dinas Perhubungan tengah mengatur arus lalu lintas.

"Bagus juga kalau perempuan turun ke jalan, pengendara pasti berhati-hati. Kasihan kan kalau cuaca panas yang mengatur perempuan lagi, pasti pengendara akan memperlambat kendaraan mereka," ujar Sudirman.

Sementara pengendara lainnya, Ilham menyatakan setuju jika kaum perempuan sering turun ke jalan mengatur lalu lintas di jalan raya. Selain mereka lebih santun dan tidak temperamen di lapangan, pengendara juga pasti akan malu jika melanggar.

"Kalau petugasnya perempuan pasti lebih santun dan tidak temperamen menghadapi pengendara yang melanggar," kata Ilham.

Kepala Bidang Pelayanan Lalu Lintas Dinas Perhubungan Polewali Mandar, Mustari menyebutkan, para pegawai perempuan Dinas Perhubungan yang terlibat mengatur lalu lintas yakni mulai dari tenaga sukarela sampai kepala bidang. Aksi ini, kata Mustari, adalah bagian dari memaknai perayaan hari Kartini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com