Kompas.com - 12/04/2013, 14:32 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah melakukan aksi menolak RUU Ormas Jumat (12/4/2013) sejak pukul 10.00 WIB, ratusan mahasiswa beberapa kampus akhirnya membubarkan diri dari depan Gedung DPR RI, Jakarta, sekitar pukul 14.00 WIB. Di penghujung aksi, beberapa mahasiswa sempat membakar spanduk dan sejumlah tiang kayu.

Ppantauan Kompas.com, pembakaran spanduk dan juga kayu yang dilakukan sejumlah mahasiswa, tidak berlangsung lama. Koordinator aksi yang berada di atas mobil komando meminta agar api segera dimatikan.

Sejumlah mahasiswa diminta untuk tidak melakukan aksi provokasi dengan hal itu. Api kemudian dimatikan dengan menyiramkan air yang ada pada botol.

"Pak polisi yang bakar-bakar ditangkapin saja. Jangan ada bakar-bakaran, tolong itu dimatikan," ujar Koordinator aksi di lokasi.

Aksi penolakan RUU Ormas yang dilakukan mahasiswa berlangsung kurang lebih selama empat jam. Sempat ada insiden beberapa mahasiswa yang berusaha masuk dengan memajat pagar Gedung DPR untuk memasang bendera. Tetapi hal itu digagalkan petugas keamanan di dalam gedung DPR yang meminta sekitar tiga orang mahasiswa itu kembali keluar.

Kejadian tersebut tidak sampai menyebabkan suasana ricuh. Dengan menumpang sejumlah bus metromini, ratusan mahasiswa pulang secara tertib meninggalkan Gedung DPR.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.