Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Pelaku Penyerangan Cebongan Masih Diperiksa

Kompas.com - 09/04/2013, 14:28 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Sebanyak 11 anggota Kopassus, pelaku penyerangan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cebongan, Sleman, Yogyakarta, hingga saat ini masih menjalani serangkaian pemeriksaan.

Semuanya diperiksa di Markas Polisi Militer Daerah Militer (Pomdam) IV/Diponegoro, Jalan Yos Sudarso Semarang. "Mereka sudah tiba sejak kemarin (Senin, 8/4/2013) sekitar pukul 16.30, oknum TNI yang diduga tersangka sudah berada di Semarang dan masih menjalani serangkaian pemeriksaan," ujar Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Widodo Raharjo saat memberikan konferensi pers, Selasa (9/4/2013).

Widodo mengatakan, setelah tiba, ke-11 orang itu kemudian menjalani pemeriksaan administrasi yang meliputi identitas dan lainnya. Kemudian juga dilakukan pemeriksaan kesehatan. "Hal ini harus dilakukan sebagai rangkaian persyaratan dalam penyelidikan untuk mengetahui sehat atau tidak, kalau sehat ya dilanjut," tambahnya.

Dalam konferensi pers ini, Widodo didampingi Kasi Penyelidikan, Kriminalitas, dan Pengamanan Fisik Pomdam IV/Diponegoro Mayor CPM LB Murdiyanto.

Menurut Widodo, pemeriksaan tersebut masih dilanjutkan hingga hari ini, dan belum selesai. Sebab itu, belum ada yang bisa disimpulkan.

Di samping 11 terduga pelaku tersebut, juga dilakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi, yakni petugas lapas dan pemeriksaan saksi tahanan. "Petugas lapas diperiksa di Yogyakarta kemarin. Dan besok pagi juga akan dilakukan pemeriksaan saksi tahanan 31 orang," ujar Widodo.

Pomdam sangat berharap penyelidikan bisa dilakukan secepat dan sesingkat mungkin. Walaupun pihaknya tidak memiliki target waktu, tetapi akan dilakukan secepatnya.

Selain terduga dan para saksi, Widodo mengaku juga sudah dilakukan pemeriksaan terhadap komandan grup. Ia mengatakan, proses peradilan terhadap para terduga pelaku penyerangan akan dilakukan secara terbuka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com