Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Kita Harus Bangga dengan Kopassus

Kompas.com - 05/04/2013, 12:33 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengungkapkan kebanggaannya terhadap personel Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Sebagai aset negara, Jokowi menilai, semua pihak harus menjaga dan memelihara keberadaan serta nama baik pasukan baret merah tersebut.

Mantan Wali Kota Surakarta ini menyampaikan, di kancah internasional, Kopassus merupakan pasukan elite terbaik ketiga sedunia. Keberadaannya hanya di bawah pasukan SAS dari Inggris, dan pasukan MOSSAD dari Israel. Saya hanya ingin mengucapkan sedikit saja, bahwa Kopassus adalah aset negara.

"Kopassus ini milik masyarakat, milik rakyat, sehingga kita berkewajiban untuk memelihara. Jangan ada gangguan yang mengubah persepsi terhadap kopassus. Kita harus bangga," kata Jokowi saat berkunjung ke Mako Kopassus, di Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (5/4/2013).

Sebelumnya, Jokowi berkeliling markas Kopassus menggunakan mobil taktis milik Kopassus. Dari Gedung Sarwo Edhie Wibowo, mobil taktis itu menuju tempat pengolahan sampah terpadu (TPST). Di situ, Jokowi sempat menilik proses pengolahan sampah yang dilakukan oleh prajurit Kopassus.

Dari TPST, Jokowi bersama Danjen Kopassus Mayjen TNI Agus Sutomo beserta beberapa petinggi Kopassus menuju bantaran Sungai Ciliwung yang jaraknya sangat berdekatan. Di situ, belasan perahu karet telah siap untuk menyusuri sungai.

Mantan Wali Kota Surakarta ini menyusuri Sungai Ciliwung sekitar 20 menit, dan menepi di Lapangan Tembak Rama Shinta. Sungai Ciliwung yang disusuri masih berada di sekitar markas Kopassus, di Cijantung, Jakarta Timur.

Kegiatan ini juga dalam rangka melakukan aksi pembersihan Sungai Ciluwung sebagai bentuk dukungan dalam mencegah terjadinya banjir di Jakarta. Ini merupakan pertama kalinya Jokowi berkunjung ke markas Kopassus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com