Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Minta Dinas Tak Saling Lempar Tugas

Kompas.com - 03/04/2013, 21:50 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, dengan adanya koordinasi antara satuan polisi pamong praja dan satuan kerja perangkat daerah lain, jangan lagi ada dinas yang saling melempar tugas, pokok, dan fungsi.

Untuk menciptakan ketertiban umum Ibu Kota, Satpol PP berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kebersihan, Dinas Sosial, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B), serta Dinas Pemadam Kebakaran Penanggulangan Bencana (Damkar PB).

"Kalau adanya koordinasi SKPD ini saya harapkan terjadi gerakan yang luar biasa. Jangan ada yang lempar-lempar tupoksi lagi," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Rabu (3/4/2013).

Melalui penandatanganan komitmen bersama antara Satpol PP dan tujuh SKPD lain itu, berarti semua SKPD tersebut mulai peduli menciptakan ketertiban umum di Ibu Kota. Selanjutnya Basuki menjabarkan masing-masing tugas Satpol PP dalam membantu SKPD lain. Saat terjadi kebakaran, misalnya, Satpol PP membantu mengamankan keamanan di lokasi kebakaran sehingga dapat membantu kinerja Dinas Damkar PB DKI. Personel Satpol PP juga membantu Dinas Perhubungan untuk mengatur lalu lintas dan mengatasi kemacetan Jakarta. Sementara itu, personel Satpol PP DKI juga akan membantu Dinas Kebersihan untuk membersihkan sampah-sampah di daratan.

"Mereka juga akan membantu membersihkan sampah yang ada di sungai, membantu Dinas PU DKI, menertibkan pedagang kaki lima (PKL) dan anak jalanan yang akan koordinasi dengan Dinas UKM dan Dinas Sosial DKI," ujar Basuki.

Asisten Pemerintahan DKI Sylviana Murni, yang sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satpol PP DKI, mengatakan bahwa saat ini dalam lingkungan kerja SKPD DKI tak ada lagi SKPD yang hanya bertugas untuk masing-masing wilayah kerjanya. Semua SKPD wajib memiliki rasa kepedulian tinggi dengan tugas-tugas di luar dinas.

"Kita jangan lagi berpikir tupoksi kita itu apa karena kita perlu sebuah terobosan baru. Karena, sesungguhnya semua itu saling membutuhkan," kata Sylvi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com