Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengukuhan Dominasi Serena

Kompas.com - 01/04/2013, 03:14 WIB

Miami, Minggu - Serena Williams merengkuh gelar keenamnya di turnamen tenis Miami Terbuka, melewati raihan ratu tenis dunia 1990-an Steffi Graf. Laga final 2013 menghadapi Maria Sharapova tidak hanya menorehkan rekor baru turnamen ini, tetapi juga semakin menegaskan dominasi Serena.

Mimpi Sharapova menjuarai dua turnamen papan atas berturut-turut, Indian Wells dan Miami Terbuka, kandas di tangan Serena. Sharapova takluk 6-4, 3-6, 0-6 dari Serena, pemuncak tenis putri dunia, Sabtu (30/3).

”Awalnya saya tak ingin bermain di sini. Namun, Miami adalah rumah saya,” kata petenis kelahiran Michigan, 31 tahun lalu ini.

Kemenangan ini melampaui rekor lama yang dipegang petenis Jerman Steffi Graf, jawara Miami lima kali, yaitu tahun 1987, 1988, 1994, 1995, dan 1996. Sebelumnya, Serena juara tahun 2002-2004, 2007, dan 2008. ”Akhirnya saya memiliki rekor. Saya tak pernah berpikir bisa melewati rekor yang dibuat Steffi atau Margaret Court. Namun, kini, saya bahagia,” katanya.

Dominasi Serena

Tidak hanya gelar yang diraih. Serena pun menambah statistik kemenangannya menjadi 12 dari 14 kali duel melawan Sharapova.

Catatan statistik menunjukkan, Sharapova belum mampu menundukkan Serena sejak pertemuan ketiga mereka di Tour Championship 2004, Los Angeles. Kala itu, Sharapova menang 4-6, 6-2, 6-4. Itulah kemenangan terakhir Sharapova atas Serena. Catatan itu bertahan hingga sembilan tahun.

Serena mengakui, final kali ini berbeda dengan pertemuan-pertemuan mereka sebelumnya. Sharapova, menurut Serena, memaksanya untuk mengeluarkan seluruh kemampuannya. ”Dia mendorong saya bermain ke level yang lebih tinggi. Saya bermain tak cukup baik meski akhirnya bisa memenangi gelar di sini,” kata Serena.

Serena mengawali pertemuan ke-14 dengan Sharapova dengan lambat. Pukulan tajam dan terukur Sharapova membuat Serena harus merelakan set pertama diraih sang lawan.

Sharapova, yang tampil trengginas, sempat memimpin di set kedua 3-2. Namun, Serena bangkit, meraih dua break dan membuatnya merebut empat gim berturut-turut untuk memenangi set kedua 6-3.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com