Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlu Replikasi Contoh Cerdas

Kompas.com - 27/03/2013, 03:12 WIB

Tanjung Benoa, Kompas - Sebanyak 18 pelaku pembangunan dari seluruh Indonesia dan dua media, Selasa (26/3), mendapat Indonesia MDG Awards 2012. Penghargaan ini diharapkan dapat mempercepat pencapaian target tujuan pembangunan milenium.

”Peraih penghargaan merupakan contoh baik pelaku pembangunan yang bisa direplikasi dan dicontoh di banyak tempat,” kata Nila Moeloek, Utusan Khusus Presiden untuk MDG, Selasa (26/3), seusai penyerahan Indonesia MDG Awards (IMA) 2012 di Tanjung Benoa, Bali.

Ia menunjuk kontribusi Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah, yang dalam dua tahun membawa perubahan besar bagi kampung kumuh di Tambakrejo, Tanjung Mas. Langkah ini menggabungkan peningkatan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan kaum perempuan. Kegiatan tersebut mendapat penghargaan khusus untuk upaya penurunan kemiskinan.

Pemberian anugerah dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, Presiden tidak sempat mengikuti pemberian piala karena memimpin kegiatan Pertemuan Tingkat Tinggi untuk Agenda Pembangunan Pasca- 2015 (HLPEP) di Nusa Dua.

Dalam sambutan, Presiden Yudhoyono mengatakan, kegiatan yang dilakukan Kantor Utusan Khusus Presiden untuk MDG ini demi mempercepat pencapaian target tujuan pembangunan milenium.

Praktik cerdas

Ketua Dewan Juri IMA 2012 Fasli Jalal mengatakan, ada 611 praktik cerdas yang diseleksi dari sejumlah daerah. Penghargaan diberikan kepada pemenang kategori peserta pemerintah kabupaten/kota, sektor swasta, lembaga swadaya masyarakat, dan organisasi pemuda.

Kategori peserta itu terbagi lagi dalam tema isu kesehatan ibu dan anak, nutrisi, akses kepada air bersih dan sanitasi, pendidikan, serta penanggulangan HIV/AIDS dan penyakit lain.

Kantor Utusan Khusus Presiden untuk MDG juga memberi penghargaan khusus IMA 2012 bagi program pembangunan yang mampu membuktikan penurunan laju dan kedalaman kemiskinan. Penghargaan khusus juga diberikan bagi institusi yang promosinya berpengaruh pada perbaikan tingkat kemiskinan suatu wilayah, provinsi yang melahirkan teladan pembangunan terbanyak di kabupaten/kota, dan media massa di tingkat nasional/ regional yang aktif memberitakan isu pembangunan.

Harian Kompas mendapat penghargaan media untuk tingkat nasional. Adapun untuk tingkat lokal dianugerahkan kepada harian Haluan Padang.

Penghargaan IMA 2012 diserahkan Nila Moeloek serta sejumlah menteri dan pejabat tinggi kepada para pemenang. (ICH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com