Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khofifah Gandeng Kader Golkar di Pilgub Jatim

Kompas.com - 28/02/2013, 18:00 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Peta kekuatan politik menjelang Pemilihan Gubernur Jawa Timur pada Agustus 2013 mulai terang. Cagub yang resmi diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Khofifah Indar Parawansah dikabarkan merapat dan menggandeng kader Partai Golkar, Ridwan Hisjam untuk menjadi cawagub.

Sumber di internal Partai Golkar bahkan berani menjamin keduanya dalam waktu dekat akan menggelar deklarasi sebagai pesaing pasangan cagub dan cawagub Jatim petahan, Soekarwo-Saifullah Yusuf. 

Rekomendasi Golkar untuk Soekarwo tak akan pernah diturunkan jika dia tetap menggandeng Saifullah Yusuf. Jika Khofifah-Ridwan Hisjam benar berpasangan, menurut Direktur Eksekutif Pusat Kajian Kebijakan Publik dan Pembangunan Strategis (Puskaptis), Husin Yazid, akan menjadi ancaman bagi pasangan petaha.

''Karena Khofifah-Ridwan Hisjam juga memiliki latar belakang yang sama dengan petaha, yakni nasionalis religius,'' kata Husin, Kamis (28/2/2013).

Di sisi lain, meski pasangan petahana secara infrastruktur dan sumberdaya manusia lebih siap, namun polemik Partai Demokrat akhir-akhir ini pasti berdampak kepada Soekarwo sebagai figur yang diusung Partai Demokrat. ''Hingar bingar Demokrat akan menguntungkan kompetitor pasangan petahan, dan bahkan tidak mungkin pemilih mereka akan bermigrasi ke pesaingnya,'' terang Husin.

Jika PKB dan Partai Golkar benar berkoalisi mengusung cagub dan cawagub, maka hanya tinggal PDI-P yang belum menentukan sikap politiknya. PDI-P yang memiliki modal politik besar di DPRD Jatim akan menjadi kuda hitam penentu kemenangan dua pasangan calon, jika urung mengusung calon dari kadernya sendiri.

Pasangan petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf sebelumnya sudah memborong dukungan sejumlah partai seperti PPP, PKNU, PAN, PKS, Partai Demokrat, Hanura, Gerindra, dan 23 partai non parlemen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com