Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Mengikuti ITB Berlin, Kunjungan Turis Meningkat

Kompas.com - 26/02/2013, 14:54 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Tahun ini, Indonesia berkesempatan menjadi Official Parner Country dari Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin, sebuah bursa pariwisata terbesar di dunia. ITB Berlin akan berlangsung pada 6-10 Maret 2013.

“Tahun ini target wisman (wisatawan mancanegara) 8,6 juta. Bahkan untuk target optimis hingga 9 juta. Dari ITB Berlin diharapkan tidak hanya jangka pendek, tetapi jangka panjang,” kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, pada jumpa pers “Indonesia Official Partner Country ITB Berlin 2013 bersama Accor”, di Jakarta, Selasa (26/2/2013).

Ia menuturkan berdasarkan pengalaman Indonesia dalam mengikuti ITB Berlin, terdapat peningkatan kunjungan wisman sebesar 8 hingga 10 persen setiap tahunnya.

Indonesia sendiri sudah berpartisipasi dalam ITB Berlin sejak 1967. ITB Berlin pertama kali berlangsung di tahun 1966. Tahun ini, ada 180 negara yang berpartisipasi dalam ITB Berlin. “Setidaknya  ada 180 negara yang akan lebih tahu tentang Indonesia,” tambah Sapta.

Sementara itu, Accor, operator hotel internasional, mengumumkan bahwa Accor menjadi official hotel partner bagi Indonesia dalam ajang ITB Berlin 2013. Di Indonesia, Accor memiliki jaringan hampir 60 hotel yang beroperasi di 20 kota.

Seperti diungkapkan President Director Accor Indonesia, Gerard Guillouet, pihaknya dalam ITB Berlin 2013 akan mempromosikan beragam destinasi dan kebudayaan Indonesia di stan Accor, maupun saat gala dinner eksklusif Accor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com