Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Dukung Siapapun yang Jadi Gubernur BI

Kompas.com - 26/02/2013, 09:30 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Darmansyah Hadad menjelaskan pihaknya akan mendukung siapa saja yang menjadi gubernur Bank Indonesia (BI) ke depan. Asal, calon tersebut bisa diajak kerja sama dan berkoordinasi di sektor keuangan.

"Saya kira tidak ada lembaga sedekat OJK bagi BI, begitu juga BI bagi OJK. Ke depan memang akan banyak persinggungan pekerjaan sehingga (siapapun calonnya), itu perlu kerja sama yang baik antara BI dan OJK," kata Muliaman saat ditemui di Dialog Ekonomi dan Politik Indonesia Menuju 2014 di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Senin malam (25/2/2013).

Muliaman mengatakan, berdasarkan Undang-undang BI, maka BI nantinya memang akan bertugas di makro prudential. Sementara itu, OJK akan lebih banyak di mikro prudential. Namun, Muliaman menganggap praktek di lapangan seperti itu akan sulit atau hanya pengkotak-kotakan tugas. Sebab, akan banyak terjadi persinggungan pekerjaan sehingga diperlukan kerja sama dan koordinasi yang bagus antara kedua institusi ini.

"Intinya kami hanya berharap (kepada calon gubernur BI) nanti, beliau bisa membangun koordinasi dan kerja sama yang baik. Sebab banyak persinggungan yang besar, sehingga perlu pembahasan rutin saat kondisi normal maupun stress," tambahnya.

Hari ini, DPR akan melakukan sidang paripurna, yang salah satu agendanya mengenai pencalonan Agus Martowardojo sebagai gubernur Bank Indonesia menggantikan Darmin Nasution yang akan habis masa jabatannya pada 22 Mei 2013 ini. Setelah itu, akan dibawa ke Badan Musyawarah (Bamus) DPR dan selanjutnya akan melalui rapat di Komisi XI DPR pekan depan.

Ikuti perkembangannya di Topik Suksesi Gubernur BI

Baca juga:
Alasan Presiden Calonkan Lagi Nama Agus Marto
Jadi Calon Gubernur BI, Agus Marto Tetap Menkeu
Presiden Kantongi Calon Menkeu Baru
DPR Ragukan Agus Marto Jadi Calon Tunggal Gubernur BI

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com