Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agus Martowardojo Siap Jadi Gubernur BI

Kompas.com - 25/02/2013, 20:12 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan siap menjadi gubernur Bank Indonesia. Saat ini, Agus mengaku tengah mempersiapkan diri untuk menjalani fit and proper test di Dewan Perwakilan Rakyat.

"Penugasan ini saya terima dengan baik dan coba melakukan dengan baik fit and proper test di DPR. Kita harapkan hasil yang baik," kata Agus di Istana Negara, Jakarta, Senin (25/2/2013).

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengusulkan Agus sebagai calon tunggal gubernur BI menggantikan Darmin Nasution. Masa jabatan Darmin akan habis pada 23 Mei 2013.

Ketika disinggung kegagalannya saat menjalani fit and proper test calon gubernur BI di Komisi XI DPR pada 2008, Agus mengatakan saat itu dia sudah melakukan yang terbaik. Saat itu, Presiden juga mencalonkan Raden Pardede. Kedua calon yang diusulkan Presiden ditolak DPR.

"Tapi sekarang saya mendapatkan kepercayaan Presiden untuk menjadi gubernur BI, tentu akan saya jalankan sebaik-baiknya. Selebihnya merupakan kewenangan DPR untuk menyetujui atau tidak menyetujui," kata Agus.

Ketika ditanya kebijakannya ke depan jika terpilih nanti, Agus mengatakan secara umum dia akan melanjutkan apa yang sudah baik. Namun, kata Agus, yang utama adalah pengendalian inflasi dan terus menjaga kesehatan moneter.

"Adapun (kebijakan) yang lain adalah mempersiapkan pengalihan fungsi pengawasan, bank komersial ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan), meyakinkan peran otoritas moneter Indonesia di forum internasional, meyakini bahwa sistem pembayaran nasional itu bisa efisien dan efektif, dan juga melanjutlkan reform yang selama ini dijalankan di BI," pungkas Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com