Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Bertarung, Dede Yusuf Sungkem ke Ibunya

Kompas.com - 23/02/2013, 16:26 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Menjelang pemungutan suara Pilkada Jabar 2013 pada Minggu (24/2/2013), calon gubernur Jawa Barat periode 2013-2018 yang diusung Partai Demokrat, Dede Yusuf Macan Efendi, melakukan sungkem untuk meminta doa restu kepada ibu kandungnya, Ny, Hj. Rahayu Efendy. Dede pun menemui ibunya yang tinggal di rumah dinas wakil gubernur di Jalan Ir. H. Djuanda (Jalan Dago), Bandung, Jawa Barat, Sabtu, (23/2/2013).

Dede mengatakan, hal ini biasanya dilakukan olehnya sebagai orang Jawa Barat. "Sungkem ini biasa saya lakukan kepada ibunda tercinta saya dalam berbagai hal apa pun untuk memohon doa restu. Dengan demikian, segala maksud dan tujuan dilancarkan dan dimudahkan. Selain itu, pada Idul Fitri, saya suka membasuh kaki ibu. Kemudian airnya diminum dan dipakai mandi," kata Dede dalam acara sungkemnya, di Bandung, Sabtu.

Dede merasakan rasa tenang, aman, damai dan percaya diri menghadapi hari pemungutan suara. "Kalau sudah sungkem ke ibu, rasanya tenang sekali, aman, tentram, damai. Mudah-mudahan besok dilancarkan," harap Dede.

Ny Rahayu dikatakan berpesan agar Dede selalu ada di jalan yang baik diberkati Tuhan. Allah. Jika terpilih sebagai pemimpin, Rahayu menitipkan agar meminpin Jabar dengan amanah dan penuh rasa tanggung jawab. "Ibu mendo'akan agar Dede selalu ada dalam kebaikan, ada di Jalan Allah, semoga dilancarkan nak. Ibu percaya Dede bisa meminpin tanah sunda, Jawa Barat ini," pungkasnya sang Ibu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com